Bangun Infrastruktur Papua, Pemerintah Kucurkan Rp6 T

Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Papua beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
VIVA.co.id
Pengamat: Proyek Infrastruktur Jangan Disetop
- Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, melakukan peletakan batu pertama dimulainya pembangunan jembatan layang Hamadi-Holtekam, di Jayapura, pekan lalu.  Pembangunan jembatan layang yang diperkirakan baru kelar pada 2018 ini membutuhkan dana Rp1,5 triliun.

Bos Waskita Tak Cemas Anggaran Pemerintah Dipangkas

"Dana tersebut berasal dari pemerintah pusat Rp900 miliar,  Pemprov Papua, dan Pemkot Jayapura Rp600 miliar," kata Jokowi, seperti dikutip pada laman Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, Senin 11 Mei 2015.
Pemerintah Tegas Larang BUMN Garap Proyek Kurang Rp50 Miliar


Basuki mengatakan, pemerintah pusat melalui Kementerian PU dan Perumahan Rakyat telah menganggarkan dana infrastruktur untuk Papua sebesar Rp6 triliun pada tahun ini.


Dia memerinci, untuk pembangunan jalan dan jembatan sebesar Rp4,7 triliun, pembangunan irigasi Rp600 miliar,  sanitasi pemukiman dan air minum Rp400 miliar, serta pembanguan perumahan Rp300 miliar.


“Untuk perumahan lebih diprioritas khusus untuk anggota TNI dan Polri,” tutur Basuki.


Dia menambahkan, pemerintah juga mengucurkan dana pembangunan fasilitas Pekan Olahraga Nasional (PON) Rp10 triliun dan pembangunan pasar.


Selain itu, juga menargetkan pembangunan jalan trans Papua sepanjang 3.985 kilometer yang ditargetkan selesai pada 2019.


Seperti diketahui, jembatan layang yang menghubungkan Kawasan Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, dengan Kampung Holtekamp, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura tersebut sudah diperkuat dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara pemerintah Papua dengan Kementerian Pekerjaan Umum beberapa waktu lalu.


Berdasarkan kesepakatan, bangunan ini meliputi jalan akses sepanjang 1.322 meter dan jembatan utama dengan panjang bentang 400 meter. Ditambah lagi dengan jembatan pendekat sepanjang 342,2 meter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya