Mendag Targetkan Jumlah Ekspor Naik 300 Persen

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel Sidak ke Gudang Bulog
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, mengaku pihaknya tengah berupaya untuk menaikkan nilai ekspor para pengusaha lokal, agar mampu bersaing dengan pasar global.

Lazada Beri Jalur Globalkan Produk UKM Lokal

"Kita targetkan mampu meningkatkan ekspor 300 persen," kata Rahmat dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu 16 Mei 2015.

Rahmat juga mengungkapkan keprihatinannya, melihat lemahnya nilai ekspor pasar Indonesia. Padahal, Indonesia dinilai merupakan negara yang mempunyai potensi besar, yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Mendag Enggar Tak Takut Anggaran 'Disunat'

"Salah satu keprihatinan kita adalah, Indonesia negara besar, tetapi dari waktu ke waktu, impornya meningkat. Industri menengah kita, semakin lama kemampuan produksi makin berkurang," jelasnya.

Rahmat menyebut, saat dia masih menjadi pejabat di Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, nilai impor cukup besar dan semakin meningkat. Di antaranya adalah sektor beras dan pakaian bekas.

Ini Misi Ekspor Pertama Enggar Jabat Mendag

"Kita harus fight. Kalau hanya berkeluh kesah saja, maka akan ditertawakan negara tetangga. Kita punya kekuatan yang harus diberdayakan," katanya. (asp)

Kementerian ESDM Perpanjang Izin Ekspor Freeport?

Freeport diketahui telah ajukan perpanjangan sebelum Lebaran lalu.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016