Pemerintah Akan Batasi Tujuh Jenis Produk Impor

Pelabuhan Peti Kemas Pelindo II Tanjung Priok, Jakarta
Sumber :
  • Antara/ Hermanus Prihatna

VIVA.co.id - Kementerian Perdagangan berencana untuk mengendalikan impor beberapa barang konsumsi. Salah satunya adalah impor telepon seluler (ponsel).

Kementerian ESDM Perpanjang Izin Ekspor Freeport?

Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Partogi Pangaribuan, mengatakan, ada tujuh jenis barang impor yang menjadi perhatian Kementerian Perdagangan.

"Kami akan kendalikan tujuh produk impor, seperti elektronika, mainan anak, makanan dan minuman, serta alas kaki, karena tujuh kelompok ini mendistorsi pasar kita," kata Partogi di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin 18 Mei 2015

Bahas Produksi Lada, Enam Negara Duduk Bareng

Tak hanya itu, impor telepon seluler pun juga akan menjadi sasarannya. Pihaknya akan mengendalikan dan mengurangi alokasi impor ponsel. Sekadar informasi, impor ponsel setiap tahunnya bernilai hingga US$3 miliar, atau setara dengan Rp39,4 triliun.

"Yang kami harapkan nanti, (impor ponsel) mulai turun, sehingga mereka (produsen) investasi di sini," kata Partogi.

Strategi Mendag Atasi Calo Daging Sapi

Ia kemudian melanjutkan, pihaknya tidak keberatan, jika nanti disebut "anak nakal", karena ingin mengendalikan tujuh produk impor.

"Biar kita sedikit dibilang bad boy, tidak apa-apa. Tapi kita bisa selamatkan (industri dalam negeri), sehingga begitu pasar global mulai menggeliat, industri kita pun sudah kuat, dan juga bisa mendominasi pasar-pasar ekspor yang kita bina sekarang ini," jelasnya.

petani tembakau

RI Tolak Kebijakan Kemasan Rokok Tanpa Merek di Australia

Hal tersebut melemahkan daya saing industri nasional.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016