Persiapan Mudik, Stasiun Yogya Ubah Lokasi Keberangkatan

Kereta Api Indonesia
Sumber :
  • rizqialextoramadhan.wordpress.com
VIVA.co.id
Terkait Demo, Hindari Stasiun Juanda dan Gondangdia
- Mengantisipasi padatnya arus mudik dan balik di musim Lebaran, PT KAI Daop 6 menutup lahan parkir sebelah Timur di Stasiun Tugu, Yogya. Nantinya, pintu timur hanya dikhususkan untuk drop zone.
Antisipasi Kepadatan, KRL Tambah Petugas Tiket


Penumpang Kereta Luar Kota Bisa Berangkat dari Jatinegara
Sementara itu, penumpang yang akan memarkirkan kendaraannya disiapkan di pintu selatan Stasiun Tugu, yang juga berfungsi sebagai pintu keluar penumpang.

"Pengubahan arus keberangkatan dan kedatangan di Stasiun Tugu kami ubah. Pintu timur khusus menurunkan penumpang saja. Sedangkan pintu selatan adalah untuk kedatangan. Parkir mobil akan disiapkan di pintu selatan," kata Wakil Kepala Daop 6, Yogyakarta Andika Tri Putranto, Kamis 28 Mei 2015.


Perubahan tersebut, akan mulai diberlakukan pada 7 Juli. Tujuannya, kata Andika adalah untuk mengurai kemacetan di Jalan Mangkubumi yang menjadi pintu masuk ke Stasiun Tugu.


"Kenapa parkir mobil kami pindahkan, karena di sekitar Jalan Mangkubumi kendaraan cukup padat. Apalagi, mobil yang parkir di dalam stasiun kadang kala tidak ada kepentingannya di stasiun," katanya.


Adapun lokasi lahan parkir di selatan Stasiun Tugu diharapkan dapat menampung sekitar 40 mobil dan 200 kendaraan roda dua.




Kereta tambahan


Sementara itu, terkait dengan persiapan angkutan kereta api Lebaran 2015, PT KAI Daop 6 menambah empat kereta Lebaran.


Kereta Lebaran tersebut adalah KA Argolawu Lebaran, Taksaka Lebaran dengan tujuan Jakarta. Dan, KA Lodaya tujuan Bandung dan satu KA Sancaka Lebaran tujuan Surabaya dari keberangkatan Yogyakarta.


"Saat ini, untuk kereta tambahan masih tersedia tiket untuk tanggal keberangkatan 15-18 Juni. Sedangkan untuk keberangkatan tanggal 19-26 Juni sudah habis," kata Manajer Pemasaran dan Angkutan, Sigit Irwanta.


Terkait pesanan tiket dapat dilakukan di stasiun kereta api, atau pun minimarket,
website
PT KAI, ponsel, dan
payment point
.


"Masyarakat yang sudah membeli tiket selain di stasiun dapat menukarkan, atau mencetak tiket di mesin CTM, atau mesin Cetak Tunai Mandiri yang sudah kami siapkan di stasiun."


Untuk Daop 6, sejumlah mesin CTM dapat dijumpai di Stasiun Tugu, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Klaten, dan Stasiun Purwosari. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya