XL Pasang 170 BTS di Sepanjang Tol Cikopo-Palimanan

XL Pasang 170 BTS di Sepanjang Tol Cikopo-Palimanan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto
VIVA.co.id
XL Terapkan Teknologi Penunjang 4G LTE
- PT Axiata Tbk (XL) membangun infrastruktur jaringan di sepanjang jalan tol baru Cikopo-Palimanan (Cipali). Sebanyak 170 base transceiver station (BTS) dinyatakan siap beroperasi untuk melayani masyarakat, ketika melintas atau berada di sekitar jalan tol terpanjang di Indonesia itu.
Musim Haji, XL Sediakan Paket Khusus

Tol Cipali baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Tol sepanjang 116,7 kilometer itu menjadi solusi mengatasi kemacetan yang terjadi ketika musim mudik tiba.
Operasional Angkutan Lebaran Ditetapkan, Ini Rinciannya

 

Direktur dan Chief Service Management Officer XL, Ongki Kurniawan, mengatakan bahwa tol baru Cipali dinilai strategis untuk memperlancar lalu lintas orang dan barang di Jawa. Tol itu akan menjadi pilihan utama bagi pengemudi kendaraan bermotor yang akan melintasi jalan pantai utara (pantura) Jawa.


“Karena itu, XL juga memprioritaskan pemasangan infrastruktur jaringan yang memadai di sepanjang jalan bebas ini, dan puluhan BTS sudah bisa melayani pelanggan sejak pertama kali jalan ini dibuka untuk dilintasi," ujar Ongki melalui keterangan tertulisnya pada Rabu, 17 Juni 2015.


Ongki menambahkan, rata-rata kualitas jaringannya dari 170 BTS yang telah didirikan cukup baik. Sekitar 50 persen telah terlayani jaringan 3G. Sementara itu, ruas jalur yang tidak mendapatkan layanan 3G, terlayani jaringan 2G dengan kualitas yang baik. XL akan terus meningkatkan kualitas jaringan di sana.

 

Mengenai antisipasi lonjakan trafik ketika musim pulang kampung menjelang Lebaran, operator terbesar kedua itu menyiapkan beragam rencana. Salah satunya menempatkan beberapa mobile BTS di Cipali. Ada juga tambahan 22 BTS 3G yang siap melayani pelanggan sebelum musim mudik Lebaran.

 

Selain di Cipali, XL juga sudah menempatkan infrastruktur jaringan di sepanjang jalan tol baru lain, yaitu Tol Gempol–Pandaan di Jawa Timur. Pada jalan bebas hambatan sepanjang 13,6 kilometer itu, XL menempatkan sedikitnya 18 BTS untuk memastikan layanan mampu terakses bagi pelintas dan masyarakat yang berada di sekitarnya. Jalan itu akan menjadi pilihan utama lalu-lintas antara Surabaya–Malang, yang selama ini dikenal rawan macet.

 

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik di sejumlah jalur utama mudik jelang Idul Fitri tahun ini, XL telah mempersiapkan secara maksimal jaringannya, baik di Jawa maupun di pulau-pulau utama lainnya, antara lain dengan menguji kesiapannya melalui Uji jaringan atau network drive test. Uji jaringan ini sering dilakukan berbagai operator telekomunikasi dalam mengetahui kekuatan sinyal, jaringan, dan layanannya pada suatu tempat.


Sesuai standard saat drive test itu, alat yang digunakan adalah alat ukur (TEMS) dan Tools – komputer (Map Info). Teknis melakukan uji jaringan bisa menggunakan kendaraan yang bergerak, baik bus atau pun kereta api. XL melakukan uji jaringan seperti itu secara berkala di seluruh wilayah layanan.

 

XL telah memiliki jaringan infrastruktur fiber optic sepanjang lebih dari 30 ribu kilometer, serta BTS sebanyak lebih dari 52 ribu BTS (4G/3G/2G) yang tersebar di berbagai wilayah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya