ARB Dorong DPR Segera Sahkan UU Penjaminan

ARB Buka Rapimnas ke-VIII Partai Golkar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie (ARB) mendesak, Dewan Perwakilan Rakyat RI segera merampungkan Undang Undang Penjaminan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah serta Koperasi (UMKMK).

Sri Mulyani Ingin UMKM Perluas Jaringan ke Luar Negeri

"Selama ini belum ada Undang Undang Penjaminan bagi UMKMK. Ini harus segera untuk menjamin para pengusaha kecil dan koperasi," katanya dalam Focus Group Discussion di gedung DPR RI, Jakarta, Rabu, 17 Juni 2015.

Menurut dia, selama ini UMKMK sulit bergerak karena kesulitan dalam permodalan. Permasalahan mereka saat akan mengajukan modal ke perbankan adalah penjamin dan jaminan fisik.

Saran Tanri Abeng untuk Dorong Ekonomi Tumbuh 8 Persen

"Dari perbankan dia akan turun kalau menggunakan penjaminan melalui Askrindo atau Jamkrindo, seharusnya ATMR-nya tidak boleh turun," katanya menambahkan.

RUU Penjaminan yang dimotori Fraksi Golkar hampir selesai. Fraksi Golkar rencananya akan segera mengajukan surat pada Presiden terkait RUU ini. Dengan adanya Undang Undang penjaminan ini, ke depan UMKMK akan mempunyai payung hukum yang jelas. Sehingga aksebilitas permodalan di sektor ini bisa terealisasikan.

Jokowi Beber 'Mantra' RI di Forum Ekonomi Islam Dunia

(mus)

World Islamic Economic Forum (WIEF) Ke-12 Tahun 2016

Sri Mulyani: Nilai Perjanjian WIEF US$900 Juta, Masih Kecil

Ia mengharapkan perjanjian ini meningkatkan jaringan pengusaha UMKM.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016