Ini 10 Bandara Terbaik di Dunia 2015

Changi Airport, Singapura
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Garuda Indonesia Dinobatkan Jadi Maskapai Paling Disukai
- Situs konsumen penerbangan Skytrax telah merilis penghargaan bandara terbaik di dunia tahun ini. Peringkat ini didasari pada survei menggunakan lebih dari 13 juta selebaran di 112 negara. 

Daftar Bandara Tersibuk di Dunia, Posisi Soetta Melorot
Dilansir dari Business Insider, Selasa 23 Juni 2015, sebanyak lebih dari 550 bandara masuk survei ini. Penilaiannya mencakup 39 layanan dan kinerja, termasuk kenyamanan fasilitas, lokasi kamar mandi, dan kemampuan bahasa para staf bandara. 

Intip Renovasi Miliaran Rupiah Bandara di Ujung Timur RI
Berikut daftar 10 bandara terbaik di dunia versi Skytrax 2015:  

1. Singapore Changi International Airport (SIN)

Untuk ketiga kali berturut-turut bandara ini mendapatkan mahkota bandara terbaik di dunia. Changi berfungsi sebagai rumah bagi Singapure Airlines, Silk Air dan Tiger Airways.

Changi mendapatkan pujian karena arsitekturnya indah, dapat beroperasi secara efisien, tapi tetap menawarkan fasilitas mewah dan pilihan belanja yang menarik. Bandara ini masuk 13 bandara tersibuk di dunia dengan kapasitas 53,7 juta penumpang pertahunnya.

2. Incheon International Airport (ICN)

Sekali lagi, Incheon mendapatkan gelar bandara terbaik kedua di dunia. Terletak di sebuah pulau di ibukota Korea Selatan, Seoul, bandara yang dibuka tahun 2001 ini merupakan rumah bagi Korean Air. 

Fasilitas yang ditawarkan bandara ini cukup menarik. Selain menyajikan pusat pusat makan dan perbelanjaan, bandara ini juga menyediakan tempat pertunjukan budaya, bahkan di dalamnya ada museum budaya Korea. 

Bandara ini peringkat ke 24 tersibuk di dunia dengan kapasitas penumpang pertahunnya sebanyak 41,7 juta. 

3. Munich Airport (MUC)

Terletak di timur laut pusat kota Munich, MUC adalah salah satu bandara tersibuk di Eropa dan tersibuk kedua di Jerman, setelah Frankfurt. Munich berfungsi sebagai hub utama untuk Air Berlin, Lufthansa, dan Condor dan dengan fitur lapangan arsitektur kaca-berat.

Setiap pengunjung juga disuguhi taman minigolf dan layar besar yang menampilkan sejarah pesawat. Di bandara ini 38,7 juta penumpang mampu ditampung per tahunnya.

4. Hong Kong International Airport (HKG)

Dibangun di sebuah pulau buatan di mantel perairan Hong Kong, membuat HKG menjadi salah satu fasilitas paling populer di dunia sejak dibuka pada 1998. 

Salah satu bandara tersibuk di Asia ini memiliki kapasitas penumpang sebesar 59,6 juta orang pertahunnya. HKG juga menjadi rumah bagi Cathay Pasific, Hong Kong Airlines dan Dragonair. 

Jika Anda berkesempatan ke sana, pastikan bermain ke lapangan golf Skycity Nine Eagles di dekat terminal dua.

5. Tokyo Haneda International Airport (HND)

Mengapa mengagumkan, karena bendara ini efisien dalam pelayanan, berbelanja dan yang paling penting adalah kebersihan. Meskipun, bandara ini merupakan tersibuk keempat di dunia dan melayani 68,9 juta orang per tahunnya. 

Haneda adalah salah satu dari dua bandara internasional utama yang melayani daerah Tokyo. Terletak beberapa mil dari jantung ibukota Jepang, bandara ini telah terbukti populer bagi pelancong bisnis maupun wisata. 

6. Zurich Airport (ZRH)

Hanya delapan mil dari jantung kota Zurich, Swiss, bandara ini merupakan rumah bagi Swiss International Air Lines. Fungsi lainnya adalah menjadi hub yang menghubungkan kota terbrsar di Swiss dengan seluruh negara di dunia. 

Bagi penumpang yang transit dengan waktu yang panjang, bandara ini menawarkan penyewaan sepeda dan sepatu roda, dan bisa berkunjung ke museum transportasi Swiss. Bandara ini melayani 23,9 juta penumpang tiap tahunnya. 

7. Central Japan International Airport (NGO)

Terletak di pulau buatan di tengah teluk Ise dekat kota Nagoya, Jepang tengah, bandara ini berfungsi sebagai rumah bagi Japan Airlines dan ANA. 

Bandara ini memiliki langit-langit setinggi 1.000 kaki dengan deck penumpang yang panjang, sehingga Anda bisa melihat kapal berlayar di pelabuhan Nagoya. 

Sebanyak 9,8 juta penumpang dilayani pertahunnya di bandara ini. Yang menarik ada sebuah pemandian air panas tradisional Jepang berada di dalam bandara, para pengunjung bisa berendam santai sambil menonton matahari terbenam di teluk Jepang. 

8. London Heathrow Airport (LHR)

Heathrow adalah bandara ketiga tersibuk di dunia dan terbesar dari lima bandara utama yang melayani penerbangan di London. 

Heathrow yang berfungsi sebagai hub utama untuk British Airways dan Virgin Atlantic, saat ini pertahunnya melayani 72,4 juta penumpang pesawat. 

9. Amsterdam Schiphol Airport (AMS)

Mengapa mengagumkan, karena Amsterdam Schiphol Airport adalah salah satu bandara tersibuk di Eropa dan berfungsi sebagai hub untuk maskapai penerbangan KLM, Transavia, dan Delta.

Dibuka pada 1916, Schiphol terkenal karena berbagai kegiatan rekreasi dan memiliki perpustakaan di mana Anda dapat nyaman dengan sebuah buku yang bagus sambil menunggu penerbangan. Sebanyak 52,6 juta penumpang dilayani setiap tahunnya. 

10. Beijing Capital International Airport (PEK)

Sebagai bandara kedua tersibuk di dunia, Capital Beijing telah memainkan peran utama dalam mendorong pertumbuhan yang masif di  ibukota China.

Dengan peran tersebut, bandara telah membangun fasilitas baru dan upgrade infrastruktur. Terminal ibukota tiga yang dibangun dinilai sebagai 10 terbaik terminal di dunia. Bandara ini memiliki kapasitas 83,7 juta penumpang setiap tahunnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya