Pasokan Bensin Ditambah 30 Persen di Jawa Timur dan Bali

Premium habis - Kelangkaan BBM
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq
VIVA.co.id
Sering Gonta-ganti Bensin, Bahaya Tidak?
- Pasokan bahan bakar minyak (BBM) akan ditambah sebanyak 30 persen dari jumlah konsumsi normal khusus untuk wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.
Harga Resmi Pertamax Turbo, BBM dengan RON 98

Penambahan pasokan untuk bensin jenis premium itu untuk mengantisipasi peningkatan jumlah konsumsi selama Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri. Soalnya biasanya memang terjadi peningkatan konsumsi pada tujuh hari sebelum dan setelah Idul Fitri.
Menkeu Tegaskan Tak Ada Penghapusan Subsidi Solar


Menurut General Manager Marketing Opration PT Pertamina Regional V, Ageng Giriyono, jumlah konsumsi BBM pada masa-masa normal adalah 13.696 kilo liter per hari. Maka selama Ramadhan dan tujuh hari setelah Idul Fitri akan ditambah menjadi 17.786 kilo liter per hari.


Konsumsi BBM jenis solar, menurut Ageng, diperkirakan turun selama Ramadhan dan Lebaran. Soalnya, bahan bakar itu lebih banyak digunakan kendaraan bermotor seperti truk logistik dan sejenisnya. Operasional kendaraan-kendaraan itu biasanya menurun saat Lebaran sehingga mengurangi konsumsi solar.


Tetapi, Pertamina tetap menyediakan pasokan solar sesuai kebutuhan normal, yakni 5.857 kilo liter per hari. “Kalau pertamax, kita menambah stok 20 persen," kata Ageng di Surabaya, kemarin.


Pertamina mengimbau semua stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di jalur strategis arus mudik dan balik dapat menyediakan produk pertamax series dan pertamax dex. Pom bensin yang belum menyediakan produk itu diminta menjual pertamax series dan pertamax dex dalam bentuk kemasan.


Ageng juga membeberkan, guna mengantisipasi kendala kemacetan, Pertamina menyiapkan SPBU kantong di delapan titik rawan di Jawa Timur, di antaranya; Probolinggo, Kediri, Jember, Situbondo, Blitar, Bojonegoro, Trenggalek dan Nganjuk. SPBU di daerah-daerah itu bahkan menyediakan layanan delivery order atau pesan-antar selama 24 jam. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya