Pekerjaan ini Tawarkan Gaji Besar, Tanpa Gelar Sarjana

Ilustrasi Tinggal di Perkotaan
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Tips agar Target Pekerjaan Sesuai 'Deadline'
- Mencari pekerjaan dengan pendapatan besar tanpa memiliki gelar sarjana memang sulit saat ini. Tetapi, masih ada secerca harapan di dunia pekerjaan, di mana Anda dapat mewujudkan hal itu tanpa harus memiliki kualifikasi lulusan universitas.

Ciri-ciri Generasi Millennial Saat Cari Kerja
Dilansir dari Business Insider, Rabu 24 Juni 2015, mesin pencari pekerjaan Adzuma yang berbasis di Inggris membuat polling dengan mengumpulkan ratusan ribu data lowongan pekerjaan seluruh dunia, khususnya di Inggris selama setahun terakhir. 

Menko Darmin: Pekerja Indonesia Harus Tersertifikasi
Hasilnya, ada beberapa karier pekerjaan yang menawarkan pendapatan besar, tanpa mengharuskan Anda memiliki gelar sarjana. Berikut daftar pekerjaan tersebut. 

1. Jurnalis

Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini memang banyak jurnalis yang memiliki gelar setingkat sarjana ketimbang dulu. Tapi, masih memungkinkan untuk masuk ke industri ini tanpa kualifikasi tersebut.

Yang dibutuhkan hanyalah cerita yang bagus dan mumpuni dalam memahami teknis penulisan dan pendalaman makna dari sebuah tulisan. 

Sebagai contoh penulis Caitlin Moran, dia tidak memiliki pendidikan formal apalagi gelar. Tapi memulai karier menulisnya untuk majalah musik Melody Maker pada usia 16. Dia juga memenangkan beberapa kompetisi menulis. 

Lowongan yang ada saat ini berdasarkan polling tersebut adalah wakil kepala editorial, digital, MNA Media di Inggris. Dengan gaji rata-rata US$49.117. 

2. Petugas keamanan bekas militer

Tingkat teratas petugas pengamanan didominasi oleh mantan militer. Pengusaha menghargai tidak hanya tingkat kecerdasan dalam menghadapi ancaman kejahatan, tapi juga pengalaman mereka dalam berorganisasi dan kemampuan mengelola logistik. 

Kelompok petugas keamanan mantan militer Inggris, yang didirikan dua mantan militer yang sempat terlibat dalam perang Afghanistan, Kosovo dan Irak misalnya. Disewa untuk menjaga keamanan festival besar dan menjaga orang-orang penting , misalnya tim atletik Inggris dan pejabat club sepak bola di negara tersebut. 

Lowongan yang ada saat ini yaitu petugas penegak, Dagenham, dengan gaji rata-rata sebesar US$55.687. 

3. Pengelola limbah berbahaya

Perusahaan seperti Veolia dan Suez Environment menyingkirkan produk sampingan yang jahat yang dihasilkan dari rumah sakit, pabrik pestisida dan kilang bensin.

Karena tingkat keterampilan dan perawatan, yang diperlukan harus mahir ketika menangani jenis produk itu. Serta limbah berbahaya yang berisiko bahaya pada saat mereka membuang itu, pekerjaan di sektor ini dibayar dengan baik.

Lowongan yang ada saat ini yaitu manager operasi umum limbah berbahaya. Dengan gaji US$58.127. 

4. Manajer personalia

Meskipun bukan pekerjaan yang paling glamor di kantor, manajer personalia mungkin salah satu pekerjaan yang paling berguna. Menjaga semua orang senang, memastikan fungsi kantor lancar dan memastikan semua orang dibayar.

Tapi, meskipun Anda tidak memiliki gelar sarjana, untuk maju dalam industri ini, di Inggris misalnya, Anda harus lulus kualifikasi dari Chartered Institute of Personalia dan Pembangunan (CIPD).

Lowongan yang ada saat ini yaitu manajer personalia di University of West London. Dengan gaji rata-rata US$61.285.

5. Petugas pengontrol lalu lintas udara

National Air Traffic Services (NATS) membuka kursus untuk orang yang berminat masuk dalam industri ini. Memutuhkan waktu sekitar 5-11 bulan untuk mengikuti kursus tersebut, tergantung keahlian apa yang ingin Anda miliki. 

Tapi, untuk keahlian paling rendah saja gaji pertama yang akan anda dapat sekitar 12.000 euro. 

Lowongan kerja yang tersedia saat ini ialah, asisten pengontrol lalu lintas udara di Bandara Abu Dhabi. Dengan gaji rata-rata US$64.983. 

6. Pekerja anjungan eksplorasi minyak lepas pantai

Bekerja di rig minyak lepas pantai pastinya membosankan, sulit dan berbahaya. Pekerja rig di pengeboran Maersk misalnya, bekerja dengan sistem sif 12 jam dan tinggal di tengah laut berbulan-bulan. 

Tidak membutuhkan gelar sarjana khusus, tapi memerlukan keahlian tingkat tinggi untuk menjadi pekerja umum pemeliharaan peralatan, pengoperasian rig termasuk administrasinya. Karena tingkat kesulitan yang tinggi, pengusaha bersedia membayar besar untuk menarik pekerja untuk posisi tersebut. 

Lowongan pekerjaan yang tersedia saat ini yaitu pengawas kelautan di eksplorasi minyak perusahaan Inggris Spencer Ogden. Dengan gaji rata-rata sebesar US$78.083. 

7. Pedagang bursa komoditas

Saat ini memang banyak pedagang yang terjun ke provesi ini memiliki gelar sarjana. Tapi, seorang yang memiliki bakat matematika, berprilaku baik dan mudah bergaul, bisa lebih sukses dari seorang sarjana.

Seperti banyak karier di bidang tertentu, Anda harus lulus kualifikasi menjadi pedagang bursa komoditas dari regulator, otoritas keuangan dan mengikuti kursus singkat di institut investasi atau sejenisnya. 

Lowongan yang tersedia saat ini adalah pedagang bursa komoditas di Dubai. Dengan gaji rata-rata US$83.985. 

8. Pekerja konstruksi pertambangan
  
Seperti pekerjaan di pengeboran minyak lepas pantai, pekerjaan ini membutuhkan kerja keras, berisiko tinggi dan menakan banyak waktu di hidup anda. Para pengusaha berani membayar mahal untuk pekerja di bidang ini. 

Memang, untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar di pekerjaan ini, Anda memutuhkan lisensi dalam mengoperasikan alat berat seperti buldoser. Pengalaman membangun dibidang lain juga menjadi nilai tambah Anda masuk terjun di pekerjaan ini. 

Lowongan yang tersedia adalah manajer perencanaan jangka panjang di pertambangan Williams, Australia. Pendapatan yang ditawarkan US$89.146. 

9. Pedagang saham

Pedagang di bursa komoditas. Anda masih mungkin terjun di pekerjaan ini tanpa gelar asalkan Anda seorang salesman yang andal. Tapi tentu saja harus memiliki sertifikat dari regulator dan otoritas keuangan terkait. 

Lowongan pekerjaan yang tersedia saat ini sangat banyak sebagai pedagan saham di bank investasi di bursa seluruh dunia. Penghasilan yang bisa didapatkan sekitar US$94.241. 

Hanya saja, dengan penghasilan sebesar itu jangan mengikuti jejak Leonardo DiCaprio dalam film The Wolf of Wall Street. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya