Menteri Susi Jadi Ketua Panitia Sail Tomini

KSAL Laskamana Madya Ade Supandi dan Menteri Susi Pudjiastuti
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo
VIVA.co.id
BKPM Dorong Investasi Pariwisata di Pulau Kalimantan
- Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 18 Tahun 2015 menunjuk Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti sebagai Ketua Panitia Tingkat Pusat, Sail Tomini tahun ini. Keppres itu sudah diteken pada tanggal 19 Juni lalu. 

Soto-Sate Padang Dulu, Sebelum Balapan Tour de Singkarak
Di tingkat pusat, Susi akan didampingi oleh sejumlah menteri. Sementara yang bertindak sebagai sekretaris I adalah sekretaris dewan kelautan Indonesia, dan sekretaris II deputi bidang koordinasi kebudayaan kemenko pembangunan manusia dan kebudayaan.

Toba Gran Fondo 2016 Kelilingi Kaldera Danau Toba
Melalui Keppres tersebut, Presiden Joko Widodo juga menunjuk Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani sebagai Ketua Panitia Pengarah. Kemudian Menko Kemaritiman, Menko Polhukam, dan Menko Perekonomian sebagai Wakil Ketua Panitia Pengarah.

Sementara sebagai anggota terdapat 17 menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI, Kapolri, dan lima kepala lembaga negara. Sedangkan, untuk panitia pelaksana tingkat daerah, Presiden Jokowi menunjuk Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola sebagai Ketua, didampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) SH. Sarundayang sebagai Wakil Ketua.

Sekretaris panitia pelaksana tingkat daerah adalah sekda provinsi Sulteng, didampingi sekretaris I sekda Provinsi Gorontalo, dan sekretaris II sekda Provinsi Sulut. Sementara sebagai anggota adalah 24 Bupati/Walikota di wilayah Sulteng, Gorontalo, dan Sulut.

“Dalam melaksanakan tugasnya, Panitia Nasional Penyelenggaraan Sail Tomini Tahun 2015 bertanggung jawab kepada Presiden,” demikian bunyi Pasal 2 Ayat (3) Keppres tersebut.

Menurut Keppres Nomor 18 Tahun 2015 itu, penyelenggaraan Sail Tomini 2015 di antaranya meliputi, upacara bendera peringatan HUT kemerdekaan RI ke-70 di salah satu pulau terluar. 

Selain itu bakti sosial dan pelayanan kesehatan, pelayaran lingkar nusantara V, bakti kesejahteraan rakyat Indonesia. Gerakan membangun kampung, lintas nusantara remaja dan pemuda bahari/kapal pemuda nusantara, serta ekspedisi riset kelautan. Acara puncak akan dimeriahkan dengan gebyar batik Tomini,  festival boalemol dan upacara puncak sail Tomini 2015.

“Peraturan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan,” bunyi Pasal II Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2015 yang merupakan perubahan atas Keppres Nomor 42 Tahun 2014 itu, seperti dilansir dari situs resmi Sekretariat Kabinet (setkab.go.id), Rabu 24 juni 2015.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya