9 Negara dengan Jumlah Pengusaha Terbanyak

Pedagang makanan di Angola. (Business Insider)
Sumber :
VIVA.co.id
Lazada Beri Jalur Globalkan Produk UKM Lokal
- Mulailah jalankan bisnis sendiri karena itu mengasyikan. Anda tidak dikontrol, tidak ada bos, dan tidak ada pilihan jam kerja.
Tak Selesai Kuliah, Ahmed Haider Ciptakan Aplikasi Drone

Di Inggris dan AS keinginan menjadi entrepreneur baru berkembang. Namun di beberapa negara, menjadi wiraswasta adalah kebutuhan.
Bos Sido Muncul: Pintar Bukan Jaminan Bisa Sukses


Anda harus membuat peluang Anda sendiri ketika tidak ada banyak pekerjaan yang tersedia. Menurut sebuah penelitian dari Approved Index yang berbasis di Inggris, menemukan Amerika Serikat menempati urutan ke-41 di dunia untuk jumlah pengusaha, atau naik 4,3 persen dari populasi.

Sementara itu, Inggris berada di urutan ke-37 dengan 4,6 persen. Jumlah tersebut dihitung dengan persentase penduduk yang memiliki atau memulai memiliki bisnis baru dan telah membayar gaji atau upah selama 3 bulan atau lebih.

"Di negara-negara di mana ekonominya lebih miskin, dan tingkat pengangguran lebih tinggi, warga akan beralih untuk memulai usaha sendiri dimana mereka melihat peluang itu ada," kata Trilby Rajna dari Approved Index.


Berikut ini adalah negara yang jumlah wiraswasta (entrepreneur) terbanyak:


1. Uganda


Sebanyak 28,1 persen dari populasi penduduknya adalah pengusaha. Mereka memanfaatkan kebebasan yang datang setelah pemerintahan diktator selama bertahun-tahun.


Banyak wiraswasta yang melihat usaha mereka akan berkembang, apalagi negara ini baru membuat serat optik yang menghubungkan desa-desa terpencil dengan internet.


2. Thailand


Ada 16,7 persen dari populasi penduduk menjadi wiraswasta yang bekerja untuk diri mereka sendiri. Transportasi merupakan salah satu sektor terbesar seperti tuk-tuk, yang menjadi andalan di sektor pariwisata.


3. Brazil


Jumlah wiraswasta mencapai 13,8 persen, dan hampir dari setengahnya didominasi pengusaha perempuan.


4. Kamerun


Sebanyak 13,7 persen penduduk dari negara ini menjadi wiraswasta dan bergerak di bidang layanan dan makanan.


5. Vietnam


Sekitar 13,3 persen penduduk dari negara tersebut wiraswasta. Vietnam terkenal untuk warung produktif dan "tukang cukur jalanan."


6. Angola


Sebanyak 12,4 persen pekerjaan di negara ini adalah menjadi wiraswasta. Penjual "zungueiros" untuk laki-laki dan "zungueiras" untuk perempuan, membuat sebagian besar pekerja mandiri.


7. Jamaika


Sebanyak 11,9 persen penduduk di negera ini adalah wiraswasta dan pedagang kaki lima. Namun pemerintah mendorong para pengusaha agar membuat banyak ide dengan datangnya teknologi.


8. Botswana


Sebanyak 11,1 persen dari populasi penduduk berprofesi sebagai pengusaha. Mereka mendirikan kios untuk usaha mereka.


9. Chili


Negara ini dianggap yang paling stabil dan makmur di kawasan Amerika Selatan. Ada 11 persen dari populasi penduduk lebih memilih menjadi wiraswasta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya