Wantimpres: Menteri Ekonomi Tak Maksimal, Pertumbuhan Rendah

Sri Adiningsih
Sumber :
  • http://acadstaff.ugm.ac.id
VIVA.co.id
Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi
- Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Sri Adiningsih, mengingatkan kepada Presiden Joko Widodo bahwa kinerja menteri bidang ekonomi masih banyak yang harus disempurnakan. Soalnya pertumbuhan ekonomi tahun ini masih terlalu rendah.
Singapura Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2016

"Pertumbuhan ekonomi kita 4,7 persen, kita harus bangkit lagi, dan stabilitas ekonomi kita bisa terjaga," kata Adiningsih kepada wartawan seusai bertemu Presiden di Istana Negara, Jakarta, pada Senin, 6 Juli 2015.
Presiden Jokowi Santai UU Amnesty Digugat


Guru Besar Ekonomi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta itu menyarankan kepada Presiden agar para menteri bidang ekonomi dapat meningkatkan perekonomian nasional sehingga bisa lebih kompetitif. Perkembangan ekonomi dunia kini juga perlu menjadi perhatian pemerintah.


Adiningsih mencontohkan krisis ekonomi Yunani. Menurutnya, krisis itu memang kecil kemungkinan dapat berdampak atau terjadi pada Indonesia. Namun kondisi keuangan Yunani sekarang tetapi harus diwaspadai.


"Saya percaya kondisi ekonomi Indonesia saat ini jauh lebih baik dari Yunani. Tapi kalau kita cermati kementerian/lembaga yang mengelola sistem keuangan kita sekarang ini lebih baik Undang-Undangnya, dan punya mekanisme mengantisipasi perkembangan yang ada," ujarnya.


Dia mengakui memang banyak hal seputar ekonomi yang dibahas bersama Presiden, termasuk kinerja menteri bidang ekonomi yang belum maksimal. Namun tak dibahas sama sekali soal perombakan kabinet atau pergantian menteri
(reshuffle).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya