Jelang Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok Naik per Jam

Pedagang ayam potong di Pasar Gede
Sumber :
  • Fajar Sodiq/VIVAnews
VIVA.co.id
Harga Daging Sapi Diprediksi Mencapai Rp140 Ribu/Kg
- Dua hari menjelang Lebaran, harga kebutuhan pokok masyarakat terus mengalami kenaikan. Kenaikan terjadi pada komoditas daging, terutama daging sapi dan sayur mayur khususnya cabai.

600.000 Sapi Impor Masuk Indonesia di 2016
Pantauan dari Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Pemkab Bantul di sejumlah pasar tradisional, harga daging sapi kualitas satu sebelumnya Rp100 ribu per kilogram (kg), kini melonjak menjadi Rp112 ribu per kg.

Ini Syarat Jika Pemerintah Ingin Target Inflasi Tercapai
"Tadi pagi harga daging sapi kualitas satu baru sekitar Rp100 ribu per kg. Menjelang siang harga naik lagi menjadi Rp112 ribu per kg," kata Kepala Disperindagkop Pemkab Bantul, Sulitiyanto, Rabu 15 Juli 2015.

Menurutnya, harga sayur mayur juga naik, khususnya cabai rawit merah yang hampir menyentuh Rp50 ribu per kg. Padahal, sebelumnya masih dalam kisaran Rp30-an ribu per kg. 

"Dari awal puasa hingga jelang Lebaran, jenis komoditas daging sapi dan cabai yang harganya tidak stabil," tuturnya.

Jelang Lebaran ini, kata Sulis, kenaikan harga kebutuhan pokok tidak lagi harian, tetapi sudah per jam. Hal ini dikarenakan pasokan yang terkadang terlambat, akibat jalan yang semakin padat pemudik sehingga waktu pasokan tiba terlambat.

"Nanti saat Lebaran justru harga akan turun lagi," katanya.

Lebih lanjut, Sulis mengatakan, untuk harga kebutuhan pokok produksi pabrikan tetap normal dan tidak ada kenaikan. "Minyak, kecap, terigu dan lain-lainnya harganya stabil," ujar Sulis.

Jito, salah satu pedagang di Pasar Kranggan, Kota Yogyakarta mengatakan, harga kebutuhan pokok yang meningkat adalah daging sapi dan daging ayam broiler.

"Harga daging sapi kualitas satu naik dari Rp100 ribu per kg menjadi Rp110 ribu per kg. Daging ayam broiler dari Rp31 ribu per kg naik menjadi Rp33 ribu per kg," katanya.

Harga cabai merah keriting naik dari Rp38 ribu per kg menjadi Rp40 ribu per kg. Harga cabai merah rawit saat mencapai Rp48 ribu per kg dari sebelumnya hanya kisaran di bawah Rp40 ribu per kg.

"Ya, komoditas daging dan cabai yang harga tidak stabil," kata Jito. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya