Bandara Sultan Babullah Ternate Ditutup Sementara

Bandara Sultan Babullah Dibuka Kembali
Sumber :
  • Antara/Widodo S. Jusuf
VIVA.co.id
Sebagian Pelabuhan di Indonesia Akan Diswastanisasi
- Bandar Udara Sultan Babullah Ternate, Maluku Utara, ditutup sementara untuk keselamatan penerbangan, Kamis 16 Juli 2015.
Dukono Erupsi, Penutupan Bandara Gamarmalamo Diperpanjang

Dikutip dari twitter Kemenhub, penutupan terjadi, karena meletusnya Gunung Gamalama pada pukul 10.00 WITA. Belum diketahui berapa jumlah penerbangan akibat penutupan tersebut.
Terminal 3 Beres, Terminal 1 dan 2 Soeta Segera Direnovasi


Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan bahwa Gunung Gamalama meletus pada pukul 09:58 WIT, Kamis 16 Juli 2015. Asap letusan gunung api di Ternate, Maluku Utara, itu terpantau setinggi 1.000 meter di atas puncak.


Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan bahwa asap letusan terlihat berwarna putih-kelabu. Angin bertiup lemah cenderung ke arah utara.


BNPB memperingatkan, agar tidak ada aktivitas warga di radius 1,5 kilometer dari puncak Gunung Gamalama. “Di luar radius tersebut, masyarakat agar terap tenang, lakukan aktivitas seperti biasa,” kata Sutopo melalui siaran pers yang diterima
VIVA.co.id
.


Dia mengingatkan, BNPB telah berkoordinasi dengan lembaga terkait, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemerintah Daerah, sejak gunung itu mengalami peningkatan aktivitas gempa tektonik pada 26 Juni 2015. Seluruh petugas pada masing-masing instansi tetap siaga, jika terjadi kemungkinan terburuk.


“Saat ini, aktivitas vulkanik menunjukkan kecenderungan penurunan. Letusan yang terjadi cenderung bersifat freatik diindikasikan dengan warna asap yang berwarna putih-kelabu,” tutur Sutopo. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya