Cari Kerja di Ibu Kota Masih Dianggap Pilihan Tepat

Para pemudik.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside
VIVA.co.id
Percuma Halangi Urbanisasi Usai Lebaran
- Urbanisasi atau perpindahan orang dari desa ke kota, hingga saat ini masih menjadi momok yang mengancam Ibu Kota Jakarta setiap tahun setelah tradisi Lebaran berakhir. Tahun ini fenomena tersebut diperkirakan juga masih akan terjadi. 

65 Ribu Masyarakat Desa Diperkirakan Datang ke Jakarta
Staf Khusus Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Bappenas, Sonny Harry B. Harmadi, mengatakan saat ini terjadi bukan hanya karena adanya ajakan sanak famili yang sebelumnya sudah berada di Jakarta, ada pula yang benar-benar niat untuk mengadu nasib di Ibu Kota. Harapannya, taraf kehidupan ekonomi meningkat. 

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!
"Karena mereka (masyarakat desa) anggap mencari lapangan pekerjaan di Jakarta bisa dilakukan dengan cara apapun," ujar Sonny kepada VIVA.co.id, Senin 20 Juli 2015. 

Faktor ekonomi memang masih menjadi alasan utama terjadinya urbanisasi. Pertanyaannya, apakah dengan mengadu nasib di kota dapat memperbaiki keadaan? Apakah ada yang menjamin harapan akan terwujud?. 

Belum berkembangnya perekonomian di daerah, membuat lapangan pekerjaan tidak tersedia sesuai dengan harapan. Atau besaran pendapatan di desa tidak semenggiurkan yang didapat di kota. Padahal, kata Sonny, sesungguhnya pendapatan besar itu sesuai dengan mahalnya kebutuhan hidup di kota.  

Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Ahmad Erani Yustika mengakui hal tersebut. Insentif ekonomi yang bisa didapatkan di kota, khususnya Jakarta, sampai saat ini masih menggiurkan bagi masyarakat desa.

"Kalau di perkotaan seperti Jakarta itu pasti besar (kegiatan ekonominya). Banyak orang pasti akan melakukan aktivitas ke sana," kata Erani kepada VIVA.co.id

Namun, kata Erani, ada beberapa faktor non dominan dan sederhana menjadi alasan mengapa masyarakat biasanya mengambil keputusan untuk pindah ke kota. 

"Ada yang ikut teman dan keluarga. Atau alasan ingin pendidikan," katanya. 

Lebih lanjut, menurutnya, tidak menutup kemungkinan urbanisasi terjadi hanya fenomena sesaat. Karena pada akhirnya tidak semuanya proses yang diharapkan berjalan dengan mulus.  

"Mereka pindah karena ada harapan. Tidak mungkin kalo tidak melihat itu. Walaupun nggak semua berhasil," kata Erani. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya