Enam Cara Dapatkan Uang untuk Keperluan Darurat

Ilustrasi Penggelapan Uang
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Tidak ada seseorang pun di dunia ini yang mengetahui kapan datangnya suatu bencana atau musibah. Kemudian, suatu saat ketika sebuah bencana datang, sudahkah Anda secara finansial siap menghadapinya?

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Dalam kondisi seperti itu, dana darurat memiliki peran yang sangat penting dalam membantu Anda kembali ke keadaan seperti semula.

Berikut kami berikan beberapa cara untuk mendapatkan dana darurat tersebut untuk membantu Anda menghadapi atau membenahi kerusakan yang Anda alami.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

1. Dana Darurat

Sangat penting bagi Anda untuk memiliki sejumlah uang yang sudah Anda anggarkan sebagai dana darurat. Dana darurat sendiri merupakan dana yang dipersiapkan untuk mengatasi kebutuhan yang sangat mendesak.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Jumlah dana darurat tersebut mempunyai beragam variasi. Antara lain adalah enam kali pengeluaran bulanan, 12 kali pengeluaran bulanan, atau bisa lebih terserah pada Anda.

Paksakan diri Anda untuk memiliki dana tersebut sebelum datangnya sebuah bencana. Dan ketika musibah datang, Anda akan mendapatkan bantuan utama dari diri Anda sendiri yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

2. Pegadaian

Anda bisa mendapatkan uang secara cepat dengan cara menggadaikan barang berharga milik Anda. Banyak yang bisa Anda gunakan untuk digadaikan, seperti emas, barang elektronik, atau kendaraan pribadi Anda.

Jika Anda sudah melakukan sedikit investasi, atau mungkin belum, benda yang paling tepat untuk dibeli adalah emas. Karena jika suatu saat Anda membutuhkan dana dengan cepat. Anda bisa menjual atau menggadaikannya dengan cepat pula.

Selain emas, Anda juga bisa menggadaikan surat pengangkatan Anda jika Anda adalah seorang pegawai negeri sipil.

3. Jamsostek

Apabila Anda adalah seorang karyawan, tentunya Anda memiliki kartu Jamsostek. Kartu Jamsostek tersebut bisa Anda gunakan untuk dijadikan agunan atau jaminan untuk mendapatkan dana pinjaman di beberapa bank. Dengan menunjukkan kepemilikan dari kartu tersebut, Anda bisa mengajukan kredit dan kemungkinan Anda mendapatkan kredit juga akan lebih besar.

4. Kredit Tanpa Agunan

Anda bisa mendapatkan kredit tanpa agunan (KTA) dari beberapa bank yang menyediakan fasilitas tersebut. Salah satu keunggulan dari KTA adalah bisa digunakan untuk keperluan darurat atau kebutuhan yang sifatnya mendesak. Hal tersebut dikarenakan bank tidak memerlukan agunan apapun dari Anda sehingga dana bisa cair dalam waktu yang cukup cepat pula.

Tentu saja KTA bisa didapatkan jika Anda telah memenuhi syarat-syarat tertentu yang diminta oleh pihak bank. Bagi yang membutuhkan dana secara cepat, pastinya hal tersebut sangat membantu.

5. Menjual Barang Bekas

Memang cara ini tidak secepat yang bisa Anda lakukan dengan cara yang lain. Akan tetapi, cara ini menjadi salah satu alternatif yang baik untuk mendapatkan uang dalam keadaan darurat. Periksa kembali barang-barang yang ada di gudang seperti lemari atau lainnya. Pilih barang-barang yang sudah tidak Anda pakai lagi, dan jual barang tersebut.

Jika Anda butuh uang dengan cepat, Anda bisa menjualnya dengan cepat ke toko-toko barang bekas dengan harga yang memang akan jauh lebih rendah. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan dana tambahan untuk mengatasi musibah yang Anda hadapi. Baca Juga: Enam Pertanyaan yang Harus Dijawab Sebelum Menjadi Freelancer

6. Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan sumber dana darurat yang sangat sering digunakan. Anda bisa mendapatkan dana dengan mudah. Kartu kredit bisa membantu Anda melakukan pembayaran di segala jenis situasi gawat darurat.

Jika Anda kekurangan uang untuk melakukan pemulihan di situasi tersebut, kartu kredit adalah salah satu jawabannya. Akan tetapi berhati-hatilah dalam menggunakan kartu kredit karena dana yang Anda pinjam nantinya akan Anda ganti beserta sejumlah bunga. Oleh karena itu sebaiknya Anda menggunakan kartu kredit sebagai pilihan terakhir untuk mendapatkan dana darurat. Baca juga: Mengapa Dana Darurat Penting Untuk Anda?

Siap Setiap Saat

Hidup tak pernah bisa diprediksi. Kadang Anda berada di atas, kadang juga Anda berada di bawah. Tidak pernah Anda duga Anda akan mendapat kabar buruk ketika Anda sedang bersenang-senang menikmati segala yang telah Anda raih.

Dana darurat memang harus Anda miliki karena dengan mempersiapkan dana darurat akan sangat bermanfaat ketika sedang menghadapi musibah, yang membuat Anda mengeluarkan banyak uang untuk dapat pulih seperti sedia kala. Baca Juga: Kenali 7 Jenis Tabungan Di Indonesia Ini Agar Tidak Salah Pilih.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya