Jejak Karier Pichai, CEO Baru Google

Sundar Pichai, Direktur Google Android
Sumber :
  • cnet.com
VIVA.co.id
Kata Google Soal Hapus Palestina dari Maps
- Karier Sundar Pichai terus meroket di Google. Saat ini pria kelahiran Tamil Nadu, India ini didapuk menjadi CEO baru Google.

Brutal, Manajer Google Diperkosa Lalu Dibunuh
Dilansir CNN, Senin 11 Agustus 2015, Pichai kini mengambil alih operasional perusahaan Google. Dalam restrukturisasinya, Google kini menjadi anak usaha Alphabet Inc, induk usaha baru yang dijalankan oleh pendiri Google, Larry Page dan Sergey Bin.

Riwayat Blunder Google, Hapus Palestina Sampai Area India
Beberapa divisi investasi dan penelitian, seperti unit bisnis Nest, unit penelitian pesawat tak berawak, akan dipindahkan berada di bawah Aphabet. 

Google akan tetap mengelola unit bisnis aplikasi, Google, YouTube, dan Android. 

Pria berusia 43 tahun itu adalah sarjana teknik metalurgi. Pichai kemudian mengambil pasca sarjana di Stanford University, almamater pendiri Google.

Pichai mengawali karier di Google pada 2004 dengan membangun Google Toolbar, yang saat ini sudah nonaktif.

Dia kemudian mengambil alih proyek Chrome, browser web Google. Ketika dia memperkenalkan Chrome pada 2008, publik pesimis, mungkinkah Chrome bisa bersaing dengan Internet Explorer dan Firefox?

Namun, dalam perkembangannya, Chrome kini menjadi browser web yang paling banyak digunakan di dunia.

Atas keberhasilannya itu, pada 2013 Pinchai diangkat menjadi Vice President Google.

Tahun lalu, Pinchai menjadi Chief Product Google, yang mengawasi semua produk perangkat lunak Google. Dia mengelola Google+, Google Wallet, Android Pay dan Google's App untuk layanan bisnis.

Pichai juga mengelola pengembangan Google I/O. Pembawaannya yang tenang membuat Pichai banyak dikagumi Google. Dia tak hanya memiliki bakat rekayasa, tetapi kemampuan menempatkan diri.

Sebagai CEO, kini Pichai mengurusi berbagai produk raksasa Google mulai dari pencarian, iklan, peta, aplikasi, Android, Chrome, dan YouTube ada di lingkupnya. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya