Yunani dan Kreditor Sepakati Dana Talangan Baru

Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras, menggunakan haknya dalam referendum
Sumber :
  • REUTERS/Christian Hartmann
VIVA.co.id
Migran Tewas Akibat Kebakaran di Kamp Pengungsi Yunani
- Yunani dan para kreditor internasional mencapai kesepakatan dana talangan ( bailout
Kedatangan Obama ke Yunani Disambut Demonstrasi
) baru atau yang ketiga sebesar 85 miliar euro.

Yunani Akan Bangun Masjid Besar di Athena
Dikutip dari Reuters, Rabu 12 Agustus 2015, kesepakatan tersebut dicapai setelah persetujuan beberapa persyaratan yang diajukan untuk memperoleh pinjaman baru guna menyelamatkan kehancuran finansial Yunani.

Dengan disetujuinya dana talangan itu, maka Yunani berpeluang bisa membayar utang kepada Bank Sentral Eropa sebesar 3,2 miliar euro yang akan jatuh tempo pekan depan.

Imbas dari kesepakatan bailout, indeks saham utama di bursa Yunani melonjak, dengan saham sektor perbankan naik 3 persen. Sementara itu, biaya pinjaman pemerintah Yunani turun ke level terendah dalam lima bulan.

Kesepakatan bailout itu juga meredam gejolak yang selama ini dialami Yunani, seperti pengenaan pengawasan jumlah modal dan tuntutan langkah-langkah penghematan yang harus diterapkan.

Sayangnya, kesepakatan bailout tersebut menyebabkan "pemberontakan" di Partai Syriza, yang mendesak Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras, untuk mengandalkan dukungan oposisi di parlemen dan meningkatkan perundingan terkait pemilihan umum.

Tsipras ingin parlemen menyetujui kesepakatan bailout baru dengan para kreditor internasional itu pada Kamis nanti, sebelum pertemuan menteri keuangan zona euro digelar lagi.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya