DPR: Tugas Mendesak Darmin Nasution, Stabilkan Rupiah

darmin nasution
Sumber :
  • REUTERS/Enny Nuraheni
VIVA.co.id - Ketua Badan Anggaran DPR RI, Ahmadi Noor Supit, mengingatkan tugas tak ringan Darmin Nasution sebagai Menteri Koordinator Perekonomian.
Dolar Masih Lemah, Rupiah Melaju di Jalur Hijau

Banyak yang harus dikerjakan Darmin. Tetapi yang paling mendesak sekarang adalah mengembalikan stabilitas rupiah atas dolar Amerika Serikat.
Presiden Jokowi Santai UU Amnesty Digugat

"Segera melakukan koordinasi dengan semua menteri bidang ekonomi. Lakukan langkah-langkah yang cepat untuk segera atasi kondisi ekonomi kita, yang nasional dululah, jangan pikir internasional," kata Ahmadi kepada wartawan di kompleks Parlemen di Jakarta pada Rabu, 12 Agustus 2015.
Rupiah Masih Tertatih-tatih untuk Kembali Menguat

Ahmadi berpendapat, berdasarkan latar belakang sebagai mantan Gubernur Bank Indonesia, Darmin mampu menjalankan tugas mengawal rupiah. Sosok Darmin mempunyai pengalaman di bidang moneter dan fiskal.

Darmin juga dianggap mampu mengembalikan kepercayaan pasar, yang menjadi salah satu faktor melemahnya rupiah.

"Paling tidak, bisa menahan kemerosotan ekonomi dan mengembalikan rupiah. Intinya sekarang itu rasa was-was tinggi di pelaku ekonomi, dan itu jadi tugas Pak Darmin," ujar Ahmadi.

Politikus Partai Golkar itu menjelaskan bahwa sebagai Menteri Koordinator, Darmin harus mampu mensinergikan kementerian di bawahnya. Itu penting agar kebijakan bisa berjalan sinergi dan tidak tumpang-tindih. 

"Pak Darmin paham betul cara menggenjot itu semua. Yang penting adalah bisa jadi dirijen untuk ekonomi secara keseluruhan. Jadi menteri ekonomi harus diberi guidance (panduan) yang benar, sehingga ada satu derap langkah yang sama mengantisipasi keadaan ekonomi. Ini harus cepat," tuturnya. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya