Saham Jatuh, Orang Terkaya di Asia Kehilangan Rp182 Triliun

Wang Jianlin
Sumber :
VIVA.co.id
Vietnam Kirim Peluncur Roket ke Laut China Selatan
- Ups! Orang terkaya di Asia, Wang Jianlin kehilangan US$13 miliar atau Rp182 triliun sebagai imbas dari jatuhnya pasar saham China.
Tiongkok Bangun Hanggar Pesawat di Laut China Selatan

Dilansir dari
Datang Sebagai Turis ke Jerman, Malah Dikira Imigran
CNN Money , Rabu 26 Agustus 2015, sejak pasar saham China mulai mengalami penurunan pada bulan Juni, saham perusahaan Wang telah jatuh di bursa Hong Kong dan Shenzhen sehingga mengikis kekayaan pribadinya.


Wang kehilangan US$3,6 miliar atau kira-kira sepertiga dari total kerugian selama musim panas ini. Salah satu perusahaan milik Wan, Wanda Dalian anjlok 38 persen sejak 12 Juni, memangkas hampir US$9 miliar dari nilai saham Wang.


Saham lain yang diperdangkan, Wanda Line Cinema, turun 36 persen dan mengalami kerugian sebesar US$4,2 miliar. Sedangkan saham Wanda Hotel anjlok sebesar 49 persen.


Padahal sebelumnya Wang sempat menyalip miliarder Hong Kong Li Ka-Shing sebagai orang terkaya di Asia, menurut peringkat yang dirilis minggu lalu oleh Laporan Hurun. Laporan memperkirakan kekayaannya mencapai US$426 miliar.


Wang menghabiskan 16 tahun sebagai seorang prajurit sebelum mencapai status miliarder dengan akhirnya membangun kekayaan melalui Dalian Wanda Group, konglomerat yang beroperasi di real estate dan hiburan.


Ambisinya menjalankan usaha sangat luas. Sejumlah investasinya belakangan ini difokuskan pada sektor hiburan.


Pada 2013, Wang menghabiskan US$1,6 miliar untuk membeli yacht yang dibuat di Inggris, kemudian Wang membangun kapal untuk film James Bond.


Sebelum itu, Wang mengakuisisi rantai film AS AMC Cinemas sebesar US$2,6 miliar pada 2012.


Dalian Wanda adalah pemilik properti terbesar di China dengan lebih dari 17 juta meter persegi di portofolio. Perusahaan beroperasi pusat perbelanjaan, hotel mewah dan banyak lagi.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya