Jelang Idul Adha, Harga Sejumlah Komoditas Naik

Harga cabai rawit merah
Sumber :

VIVA.co.id -  Menjelang hari raya Idul Adha, sejumlah komoditas mengalami kenaikan harga. Di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, harga bawang merah yang semula Rp12 ribu menjadi Rp15 ribu per kilogram (Kg). Sedangkan untuk harga bawang putih relatif stabil pada harga Rp18 ribu.

Warga Jatuh Bangun Berebut Sembako Bantuan dari Presiden Jokowi

Pedagang bawang di Pasar Induk Kramat Jati Anas (45) mengatakan, naiknya harga bawang merah telah terjadi sejak sepekan terakhir. Menurut dia, kenaikan harga ini masih terbilang wajar.

"Harganya naik tapi tidak terlalu berpengaruh. Stoknya juga masih normal," kata dia, Senin, 21 September 2015.

Ban Pecah, Pesawat Pembawa Sembako di Papua Tergelincir

Tak hanya bawang merah, harga sayuran seperti tomat juga naik dari Rp5.000 menjadi Rp6.000 per kilogram dan wortel dari Rp9.000 menjadi Rp10.000 per kilogram.

Harga komoditas yang turun antara lain cabai merah keriting dari Rp25 ribu menjadi Rp24 ribu per kilogram. Cabai merah besar yang semula Rp28 ribu turun menjadi Rp25 ribu per Kg. Harga cabai rawit merah dari Rp37 ribu menjadi Rp29 ribu.

Pembunuh Nenek Penjual Sembako Ditangkap, Ternyata Tetangganya
Asisten Manajer Pasar Induk Kramat Jati Sugiyono menjelaskan, perayaan Idul Adha tidak terlalu berpengaruh pada harga sejumlah komoditas di Pasar Induk Kramat Jati.

"Harga sayur mayur justru cenderung turun ya. Kalau naik pun seperti bawang merah itu tidak terlalu signifikan," katanya.

Meski musim kemarau, pasokan di Pasar Induk juga terbilang normal. Bahkan pasokan cabai yang sempat terkendala kekeringan, justru meningkat. 

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya