Amendemen UU PPN

Agar Murah, Sembako Mungkin Bebas Pajak


VIVAnews - Sejumlah item komoditas sembilan bahan pokok, ada kemungkinan akan dibebaskan dari Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Dengan pembebasan pajak ini, harga sembako diperkirakan akan lebih murah.

Hal itu mengemuka dalam pembahasan amandemen Undang-Undang PPN dan PPnBM (Pajak Pertambahan Nilai dan Penjualan Barang Mewah) di DPR.

Anggota Komisi XI Andi Rahmat mengatakan usulan bebas pajak ini berlaku misalnya untuk telur, terigu, daging dan susu. Menurut dia, usulan itu  menjadi perdebatan serius antar anggota komisi XI dan pemerintah.

Beberapa anggota DPR, ada yang berkeinginan agar produk-produk tersebut tetap dikenakan dengan alasan keamanan industri dalam negeri, sedangkan beberapa lain mengusulkan agar dibebaskan dengan alasan perbaikan daya beli masyarakat.

Anggota Komisi XI Fraksi Golkar Malchias Marcus Mekeng mengatakan mayoritas anggota DPR meminta komoditas sembako dibebaskan dari PPN.

Sementara, kata dia, Pemerintah berkeinginan agar produk ini tetap dikenakan PPN dengan mengacu Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 2004.

"Mereka (pemerintah) tidak mau produk ini dimasukkan kedalam undang-undang PPN dan PPnBM, agar bisa lebih leluasa mengatur," katanya di DPR, Selasa 23 Juni 2009. "Kami tidak sepakat, karena untuk melindungi produk dalam negeri, bisa dengan tarif."

Malchias mengatakan dengan dihilangkannya PPN untuk produk tersebut ini akan bisa membuat harga daging dalam negeri lebih turun. Sehingga dengan demikian, tingkat harga daging bisa lebih terjangkau oleh kelompok masyarakat miskin. Hal yang sama juga akan terjadi pada susu, tepung dan telur.

Andi mengatakan, sampai saat ini amandemen Undang-Undang PPN dan PPnBM sudah menyepakati beberapa poin persetujuan. Poin tersebut misalnya pembebasan PPN untuk transaksi biaya perbankan syariah, transaksi merger, transaksi jasa keuangan, pembebasan untuk UMKM yang aset usahanya Rp 600 juta sampai Rp 4 miliar.

KPK Ungkap Background Pejabat Pemilik Aset Kripto Miliaran
Brigade al-Quds Brigade Tulkarm, Mohammad Jaber atau Abu Shujaa

Dikira Tewas oleh Israel, Komandan Al Quds Abu Shujaa Tiba-tiba Muncul di Pemakaman

Komandan kelompok bersenjata Palestina Al-Quds, Brigade Tulkarm di Tepi Barat, Abu Shujaa yang diberitakan telah terbunuh oleh pihak Israel pekan lalu, tiba-tiba muncul.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024