4 Kesalahan Finansial Ini Harus Dihindari Pasangan Muda

Membahas keuangan dengan pasangan
Sumber :
  • Elle Beirut

VIVA.co.id - Sebagai pasangan yang baru saja menikah, mungkin Anda belum terbiasa untuk mengelola keuangan bersama, lantaran selama ini semua penghasilan menjadi milik sendiri.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Anda kadang masih lupa bahwa Anda sudah berdua dan harus berbagi semuanya bersama dengan pasangan, termasuk mengenai masalah keuangan. 

Karena masalah keuangan sangat sensitif, sebaiknya Anda memberi perhatian mengenai hal ini bersama dengan pasangan. Libatkan pasangan dalam mengelola keuangan, agar Anda bersama pasangan tak melakukan kesalahan yang bisa membuat hubungan kalian menjadi bermasalah. 
Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Tidak sedikit masalah rumah tangga dipicu oleh masalah keuangan. Nah untuk menghindari hal yang tak kalian inginkan, di bawah ini ada empat kesalahan finansial yang harus dihindari pasangan muda: 
Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

1. Tidak terbuka mengenai keuangan  

Semua orang memiliki rahasia, termasuk rahasia keuangan. Tetapi, jangan pernah menutupi, atau tidak terbuka mengenai keuangan dengan pasangan Anda. 

Jujurlah kepada pasangan, jika Anda memiliki utang atau kredit macet. Dengan demikian, pasangan tidak akan kaget jika mengetahuinya dari pihak lain. Selain itu, mungkin saja pasangan Anda berbaik hati untuk membantumu melunasinya. 

Bayangkan, kalau Anda lebih memilih merahasiakan masalah keuangan dari pasangan maka kemungkinan buruk bisa saja terjadi. Rahasia itu seperti bom waktu yang sewaktu-waktu akan meledak. Begitu juga dengan rahasia keuangan, jika pasangan Anda tahu, dia akan marah dan yang paling berat risikonya, dia tak akan mempercayai Anda lagi. 

2. Memboroskan uang

Ada beberapa pasangan muda yang belum bisa menghilangkan kebiasaannya bersenang-senang seperti ketika masih lajang. Padahal, ketika Anda sudah menikah, Anda dan pasangan harus mengerem pengeluaran demi masa depan keluarga kalian. 

Ada pasangan muda yang tidak mau saling mengingatkan untuk menghentikan sifat borosnya, karena malas atau mereka sama-sama menikmati berlaku konsumtif. Misal membeli gadget terbaru setiap habis gajian, meski sebenarnya tidak perlu. 

Kalau kondisinya sudah seperti itu, Anda dan pasangan akan kesulitan untuk mengumpulkan uang dan mungkin saja bisa kehabisan uang sebelum gaji bulan berikutnya datang. 




3. Tidak memiliki perencanaan keuangan

Pemborosan uang mungkin juga, karena tidak adanya perencanaan keuangan. Tidak memiliki perencanaan menjadi kesalahan besar dalam mengatur keuangan untuk semua orang, termasuk bagi pasangan muda. 

Tanpa perencanaan keuangan, Anda dan pasangan akan sulit untuk mengontrol pengeluaran. Apalagi, jika kondisi darurat terjadi, Anda dan pasangan bisa kelabakan dibuatnya. 

Karena itu, ada baiknya Anda dan pasangan bersama-sama membuat perencanaan keuangan, tidak hanya jangka pendek tapi juga jangka panjang. Selanjutnya, sesuaikan realisasi dengan perencanaan dan jangan mengeluarkan uang melebihi perencanaan yang  dibuat, kecuali ada kejadian mendesak.


4. Tidak memiliki prioritas

Selama kamu tidak memiliki prioritas dalam kehidupan atau tidak bisa membedakan mana kebutuhan yang lebih penting dan yang bisa ditunda, maka selama itu juga Anda dan pasangan akan mengalami kesulitan finansial. 

Untuk itu, buatlah prioritas mengenai hal atau barang apa saja yang perlu didahulukan. Misalnya, mana lebih penting antara melunasi Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau membeli mobil baru? Atau, antara menabung dengan belanja?

Dengan menetapkan prioritas, Anda dan pasangan akan lebih mudah mengelola keuangan,  bahkan juga berhemat. 

Kalau kamu masih membutuhkan modal berbisnis, manfaatkan fasilitas KTA dari berbagai bank penyedia, bandingkan beberapa produk KTA bersama HaloMoney sekarang!


(asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya