Rencana Investasi Anggota APEC ke RI Capai Rp746 Triliun

Kepala BKPM, Franky Sibarani (kiri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Franky Sibarani, mengatakan, berdasarkan data BKPM, nilai rencana investasi dari negara-negara anggota Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) sepanjang Januari-September 2015 mencapai US$54,25 miliar atau setara Rp746,64 triliun.

Bank Mandiri Jadi Penyalur Investasi Asing ke Daerah

Angka tersebut lebih besar dibandingkan dengan rencana investasi yang masuk sepanjang 2014, sebesar US$52,11 miliar atau setara Rp717,18 triliun.

“Hal tersebut menunjukkan nilai strategis APEC untuk mendorong peningkatan investasi ke Indonesia. Saya yakin masih terbuka peluang kita untuk menarik investasi lebih besar dari negara-negara APEC yang sudah menjadi mitra utama investasi di Indonesia, ”ujar Franky, dalam keterangan tertulisnya, kepada VIVA.co.id, Rabu, 18 November 2015.
BKPM Gandeng Bank Mandiri untuk Tampung Dana Investor

Dia menuturkan, Indonesia masih berpotensi untuk menarik investasi lebih besar dari negara-negara anggota APEC. Menurut Franky, dari 21 negara anggota APEC, 11 negara di antaranya merupakan dua puluh besar negara-negara yang paling banyak merealisasikan investasinya di Indonesia dalam kurun waktu lima tahun terakhir. 
Aliran Dana Asing ke RI Tembus Rp130 Triliun

"Bahkan, lima besar negara dengan investasi terbesar di Indonesia merupakan negara anggota APEC, yaitu Singapura, Jepang, Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Malaysia," kata dia.

Dia menjelaskan, realisasi investasi negara-negara yang tergabung dalam APEC mendominasi arus investasi yang masuk ke Indonesia. 

Berdasarkan data realisasi investasi BKPM, dalam lima tahun terakhir dari 20 negara teratas, anggota ekonomi APEC berkontribusi hingga 77,5 persen dengan nilai mencapai US$76 miliar. 

Sementara itu, kata dia, BKPM mencatat, realisasi investasi pada periode 2010-September 2015 dari Singapura mencapai US$29,6 miliar, Jepang US$14,6 miliar, Amerika Serikat US$8,25 miliar, Korea Selatan US$7,83 miliar, dan Malaysia US$7,02 miliar. 

"Sementara itu, realisasi investasi dari negara-negara anggota APEC lainnya adalah Australia sebesar US$2,08 miliar, China US$1,94 miliar, Taiwan US$1,54 miliar, Thailand US$792 juta, dan Kanada US$517 juta," tuturnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya