Lima Tips Mengetahui Tren Bisnis yang Sedang Booming

Ilustrasi reseller menyusun strategi.
Sumber :
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Salah satu kemampuan bisnis yang sangat penting Anda miliki adalah kemampuan melihat tren bisnis yang sedang
booming
Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
saat ini. Tujuannya untuk membantu Anda menentukan arah bisnis yang akan atau sedang digeluti ke depan. 

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos
Dengan mengetahui tren bisnis yang sedang berkembang, Anda yang baru coba-coba jadi pengusaha akan terbantu dalam memutuskan jenis produk yang bisa dibuat dan kapan akan dipasarkan. 

Sementara bagi pengusaha besar, informasi tren bisnis akan membantu bisnis bisa terus berkembang lebih besar dan menguntungkan. Berikut ini lima tips yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui tren bisnis apa yang sedang naik daun saat ini:

1. Manfaatkan media 

Berkembangnya arus komunikasi dan telekomunikasi, bisa Anda manfaatkan untuk mencari informasi mengenai tren bisnis yang sedang terjadi. Anda bisa mencari informasi melalui media, baik cetak, elektronik, online maupun sosial media, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya.

Ada baiknya Anda juga selektif memilih informasi yang benar-benar memberikan petunjuk tepat mengenai arah tren. Jangan sampai informasi yang Anda dapatkan abal-abal dan justru membuat Anda bingung. 

2. Dengarkan konsumen

Luangkanlah waktu Anda untuk duduk bersama dengan konsumen untuk berbicara dan mendengarkan mereka. Dengan banyak mendengarkan akan membantu Anda mendapatkan informasi apa yang sedang tren di kalangan konsumen.

Mendengar langsung informasi dari konsumen juga akan mendapatkan informasi lebih valid dan memberi keuntungan bagi Anda dalam menentukan tren bisnis ke depan, sekaligus menghindari risiko penolakan dari konsumen. 


3. Ikut komunitas bisnis

Mengikuti komunitas para pelaku bisnis bisa menambah pengetahuan dan wawasan mengenai tren bisnis. Pasalnya, di komunitas bisnis biasanya sering dilakukan sesi berbagi cerita antar sesama pebisnis. 

Tidak hanya mengenai soal tips saja, tapi kendala, kondisi saat ini, perkembangan lain dan proyeksi bisnis ke depan juga bisa Anda dapatkan. Di komunitas bisnis pun, Anda bisa bertemu tidak hanya dengan para pebisnis pemula tapi juga bisnis besar dan pakar-pakar bisnis. 

Nah, dengan keberadaan mereka maka akan banyak ilmu dan informasi yang akan sangat Anda butuhkan mengenai tren bisnis, bukan?   


4. Kumpulkan data dan buat kesimpulan

Selain mengumpulkan data dari narasumber terpercaya seperti nasabah, klien, pelanggan dan media, Anda bisa melakukan perbandingan dengan data yang sudah terkumpul itu. 

Semakin banyak data yang Anda miliki atau kumpulkan akan semakin baik, meski Anda juga memerlukan waktu lebih lama untuk itu.

Jika data yang Anda peroleh banyak, valid dan jelas maka akan mudah bagi Anda untuk membuat kesimpulan. Tapi sebaliknya, jika data yang Anda dapat minim maka akan membuat Anda makin bingung mengambil keputusan. 

Karena itu, proses perbandingan itu membutuhkan waktu yang cukup lama, sebelum mengambil kesimpulan. Jangan terlalu terburu-buru karena kadang sesuatu yang dilakukan tergesa-gesa justru tidak memberikan hasil maksimal. 


5. Tanya pada ahlinya

Cara lainnya adalah bertanya pada orang yang ahli, yaitu mereka yang sudah malang melintang di dunia perbisnisan. Anda bisa mengikuti account twitter mereka  untuk mengikuti informasi atau kalau ada kesempatan bisa bertanya langsung. Biasanya mereka akan membantu Anda dengan informasi terbaru.

Internet juga memungkin Anda bertanya pada ahli melalui website bisnis yang kita cukup banyak terdapat di Indonesia.

Kalau  kamu masih membutuhkan modal berbisnis, manfaatkan fasilitas KTA dari berbagai bank penyedia, bandingkan beberapa produk KTA bersama HaloMoney sekarang!


(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya