Cek Tiga Hal Berikut agar Tak Pusing di Hari Tua

Ilustrasi pensiun
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Apakah Anda ingin pensiun bekerja? Salah satu hal penting untuk dapat mewujudkannya, adalah dengan memiliki dana cadangan yang siap digunakan sepanjang hidup Anda setelah pensiun.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Ada beberapa hal yang tentunya perlu kamu perhatikan, agar keinginan tersebut bisa terwujud. Cek tiga hal berikut supaya kamu tidak perlu ribet memikirkan bekerja di hari tua:

1. Bersihkan diri Anda dari utang

Anda memiliki utang? Akan lebih bijaksana bila secepatnya mulai  meyisihkan penghasilan sedikit demi sedikit untuk mulai menghapus utang tersebut.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Secara umum, Anda sebaiknya menghapus utang yang memilki bunga paling tinggi dulu. Ini untuk mencegah beban bunga yang terlalu besar.

Namun, ada kalanya kamu dapat melunasi utang yang nilainya kecil dulu tanpa melihat besar suku bunganya. Ada kepuasan emosional tersendiri yang justru dapat meningkatkan motivasi Anda untuk menghapus utang lain secepatnya.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Yang perlu diingat, jangan pernah melunasi utang dengan berutang di tempat lain. Jika hanya menutup lubang dengan menggali lubang lain, bisa-bisa malah tetap menyisakan utang di masa tua, yang akan menjadi beban seumur hidup.

Baca juga: Enam strategi cepat bebas dari hutang yang menghimpit

2. Miliki dana untuk kebutuhan hidup enam bulan

Kita tidak pernah tahu akan mengalami hal apa di masa depan, bahkan sebelum hari tua kita tiba nanti. Dana ini akan sangat berguna untuk menunjang hidup jika terjadi keadaan darurat seperti kehilangan pekerjaan, atau masalah kesehatan serius.

Sebaiknya, Anda mulai menyisihkan secara permanen sejumlah tertentu dari penghasilan bulanan dan disimpan di rekening bank yang berbeda dengan rekening harian.

Sebagai contoh, jika penghasilan saat ini Rp5 juta per bulan, dapat disisihkan 10 persen, atau sekitar Rp500 ribu per bulan untuk mulai membentuk dana cadangan.

Apabila biaya hidup mencapai Rp3 juta per bulan, dalam 36 bulan atau tiga tahun Anda sudah siap dengan dana cadangan tersebut. Jika sampai masa pensiun tidak menggunakan dana ini, maka Anda bisa menggunakan dana ini untuk kebutuhan masa pensiun.

Baca juga: Tujuh cara menabung untuk pernikahan dengan gaji tiga jutaan!

3. Miliki bisnis sampingan di samping pekerjaan utama

Bisnis sampingan, atau pekerjaan sampingan di luar pekerjaan utama, tentunya membantu menambah penghasilan, sehingga dana yang terkumpul bisa ditabung untuk menambah dana persiapan di hari tua.

Jika Anda belum memilikinya, cobalah mulai dengan sesuatu yang sederhana sebagai bisnis kecil. Contohnya, menjual pakaian dan barang bekas yang tidak digunakan lagi. Saat ini, di Indonesia sudah cukup banyak situs jual-beli online yang mempermudah Anda sebagai penjual untuk memulai bisnis sampingan.

Bagi Anda yang memiliki hobi seperti memasak atau kerajinan tangan, bisa memanfaatkannya untuk menambah pemasukan dengan menjual hasil masakan, atau kerajinan tangan Anda kepada teman-teman. 

Bila Anda tidak punya waktu untuk melakukan ini secara rutin, cukup memanfaatkan momen-momen tertentu seperti Lebaran, atau akhir tahun untuk menjualnya.

Baca juga: Lima usaha sampingan dengan modal kecil yang potensial

Dana pensiun merupakan dana yang penting untuk dipikirkan sedini mungkin, bahkan jika Anda saat ini masih baru mulai bekerja. Dengan strategi yang tepat, Anda tidak perlu pusing memikirkan hari tua nanti saat pensiun.

Kalau Anda berniat untuk memulai bisnis sampingan yang menguntungkan,  bisa coba dengan menggunakan KTA. Anda tidak perlu menjaminkan apa pun dan pembayarannya juga lebih fleksibel dibandingkan pinjaman umum.

Cek di HaloMoney dengan klik di sini untuk melihat berbagai perbandingan produk KTA yang tepat untuk memulai usaha Anda. (asp)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya