Menko Darmin: Kenaikan Tarif Listrik Sebaiknya Seperti UMP

Pameran Indonesia International Infrastructure
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Menteri Darmin: Belanja APBN-P 2016 Akan Dipangkas Rp133,8 T
- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution akan mengusulkan kenaikan tarif listrik agar menggunakan formula, seperti halnya formula yang disusun untuk kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) bagi pekerja.

Inflasi Rendah Tak Berarti Konsumsi Masyarakat Rendah
"Dari pengalaman kita UMR (upah minimum regional) kan formulanya sudah bagus. Nah kalau listrik ada formula, bahwa ada sekian tahun bisa naik misalnya 0,5 dari inflasi, itu kan lebih baik," kata Darmin, di Kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Senin, 7 Desember 2015.

Jokowi Sibuk, Paket Kebijakan XIII Keluar Pekan Depan
Menurut dia, hal ini tentu akan berdampak positif terhadap kepercayaan investor baik dalam dan luar negeri untuk berinvestasi lebih banyak pada proyek-proyek yang akan digarap pemerintah dan swasta.

"Jadi investor bisa berhitung seperti apa, penerimaannya, yang namanya investor dia bisa berhitung, untungnya kira-kira berapa," ujar Darmin.

Namun, darmin mengatakan bahwa formula ini baru baru berupa wacana. Meski ada kemungkinan untuk diterapkan dalam paket kebijakan selanjutnya. "Kita juga belum (bahas), nanti bisa saja ini dipakai," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya