Kementerian PUPR Akhir Tahun Serap Anggaran 89 Persen

Jumpa pers Kementerian PUPR.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim
VIVA.co.id
Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah
- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono memaparkan kinerja kementeriannya hingga akhir tahun 2015. Ia menyampaikan bahwa kementerian telah berhasil menyerap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar 89 persen dari pagu yang ditetapkan senilai Rp118,5 Triliun. 

Alokasi Terbesar Dana Banjir untuk Rehabilitasi Sungai
"Penyerapan anggaran kalau fisik sudah 91 persen sedangkan keuangan sudah 89 persen, jadi prognosis kami akhir tahun 93 persen dari target ini Insya Allah bisa tercapai," ujar Basuki di Kementerian PUPR, Selasa 22 Desember 2015.

Anggaran Banjir Minim, Belum Semua Sungai Dibenahi
Ia mengatakan tidak ada hambatan yang berarti selain perubahan nomenklatur yang terjadi pada pemerintahan kabinet kerja Jokowi-JK.

"Ya, jadi kalau penyerapan pasti tidak seratus persen, karena hasil lelang lelang itu mesti ada sisa lelangnya, misalkan kita alokasikan 100 di Dipa kalau orang lelang kan pasti fight, ada yang nawar 95 ada yang 93, nah pasti ada sisanya kan, nah sisanya itulah yang menjadikan susah," kata Basuki.

Ia mengatakan bahwa pada tahun 2016 nanti, kementerian akan mempertahankan pergerakan ekonomi kementerian. Sehingga semua target pembangunan dapat tercapai.

"Target jangka panjang 2016 untuk mempertahankan gerak ekonomi kita. Karena biasanya persiapan itu di Januari baru kerja April-Mei sehingga penyerapan Juni. Sekarang persiapan sudah dari September persiapan Oktober karena sudah tender atau lelang dini, sehingga Januari nanti target kami ada penyerapan sekitar 6 persen," kata Basuki.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya