Liburan Panjang, Bandara Juanda Surabaya Membludak

Ilustrasi bandara.
Sumber :
  • Antara/ Eric Ireng
VIVA.co.id
Risma: Jerman Sumbang Rp1,5 Triliun untuk Bangun Trem
- Sebanyak 64 ribu lebih penumpang memadati Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Kamis, 24 Desember 2015. Mereka adalah para penumpang yang hendak menghabiskan libur panjang di luar Surabaya.

Aplikasi Antibegal Bikinan Mahasiswa ITS
Humas Angkasa Pura I, Lisa Anindya, mengatakan jumlah itu mengalami peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan tahun lalu. Pada liburan akhir tahun 2014 lalu, jumlah penumpang yang ada di Bandara Internasional Juanda hanya sebanyak 56.361 orang.

Siswa SD Menangis Agar Risma Tak Jadi Calon Gubernur Jakarta
"Berarti ada peningkatan hingga 14,44 persen," ujar Lisa kepada wartawan.

Akibatnya, sejumlah maskapai mengajukan extra flight atau penambahan jadwal penerbangan. Di antaranya Nam Air, Air Asia, dan Sriwijaya Air.

Pada tahun ini, menurut Lisa, terdapat 407 pesawat yang siap digunakan untuk mengangkut para penumpang. Sedangkan pada tahun lalu jumlah pesawat yang digunakan hanya sebanyak 399 armada.

Sehingga pada tahun ini terdapat peningkatan jumlah pesawat yang digunakan, mencapai 2,01 persen. Peningkatan yang cukup signifikan itu, menurut Lisa, disebabkan oleh banyaknya momen hari besar yang jatuh hampir bersamaan.

"Mulai dari Maulid Nabi Muhammad SAW, Natal, serta Tahun Baru. Puncaknya kami prediksi akan terjadi pada tanggal 26 hingga 27 Desember mendatang," kata Lisa. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya