Misbakhun Puji Penerimaan Pajak Capai Rp1000 Triliun

pajak
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Sekretaris Panitia Kerja (Panja) Penerimaan Negara Komisi XI DPR, M Misbakhun, memuji kinerja Kementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang untuk pertama kalinya mencatat penerimaan hingga Rp1.000 triliun. Menurutnya, di tengah situasi perekonomian yang sulit, capaian penerimaan pajak itu patut diapresiasi.

"Prestasi luar biasa sudah dicapai oleh Direktorat Jenderal Pajak dengan tercapainya penerimaan pajak per 25 Desember 2015 sudah menembus angka Rp1.000 triliun tepatnya sudah mencapai Rp1.084 triliun,” ujarnya melalui layanan pesan singkat, Senin 28 Desember 2015.

Menurut Politikus Golkar itu, angka penerimaan itu memang belum bisa mencapai target di APBN-P 2015 yang dipatok, Rp1.294,5 triliun. Namun demikian, capaian itu tetap patut diapresiasi karena menjadi bukti bahwa Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro berhasil melakukan pembenahan internal di DJP.

Soal pembenahan internal, Komisi XI DPR telah menyetujui sistem informasi teknologi (IT) di DJP dengan anggaran Rp2 triliun. Tujuannya untuk memperbaiki sistem berbasis pada teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan dan sistem basis data perpajakan.

“Semua upaya tersebut dilakukan oleh Pak Bambang Brodjonegoro selaku Menteri Keuangan. Dan selama ini sudah dalam trek yang benar untuk melakukan pembenahan secara jangka pendek dan jangka waktu lima tahun,” katanya.

Realisasi penerimaan pajak per 25 Desember 2015 berhasil menembus Rp1.000 triliun atau untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia. Menurut Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, realisasi penerimaan pajak bahkan sudah melampaui penerimaan pajak 2014 setahun penuh sebesar Rp982 triliun.

Menkeu Akan Ubah Postur Belanja APBN-P 2016
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Tarif Pajak RI Bakal Diturunkan?

Revisi UU Pajak akan segera diajukan ke DPR.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016