IHSG Dibuka Turun Awal Tahun, Jokowi Tetap Optimis

Presiden Joko Widodo dan sejumlah petinggi negara.
Sumber :
  • Chandra G Asmara / VIVA.co.id
VIVA.co.id
Cari Pemain Saham Baru, BEI Gandeng Indosat dan Trimegah
- Presiden Joko Widodo membuka secara langsung perdagangan perdana 2016 di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka turun sebesar 0,5 persen ke level 4.571.

IHSG Berusaha Bertahan di Atas 5.400, Pilih Empat Saham Ini
"Saya buka pembukaan peragangan BEI 2016, dengan ini saya nyatakan dibuka dan dimulai perdagangan saham di tahun ini," ujarnya di gedung BEI Jakarta, Senin, 4 Januari 2016.

Sindiran Menkeu Sri ke Wajib Pajak di BEI
Meskipun dibuka di zona merah, menurut dia, hal ini merupakan efek dari kondisi perekonomian sepanjang tahun 2015 lalu yang dirasa sangat berat. Namun, dia mengklaim, semua tantangan gejolak perekonomian dalam negeri dapat di lalui oleh Indonesia.

"Tantangan itu mengarah ke sektor keuangan, karena banyak hal yang kita hadapi perlambatan ekonomi dunia, ketakutan suku bunga bank sentral AS (The Fed), dan juga optimisme yang muncul pada tahun kemarin," tuturnya.

Pemerintah kata Jokowi, tetap optimis bisa meraih kinerja ekonomi di 2016. Oleh karenanya, semua langkah harus disambut dengan positif.

"Kemarin banyak orang yang ragu mengenai realisasi APBN kita. Setiap hari bisa saya tanya ke Kemenko, penerimaan pajak paling 75 persen, tapi akhirnya 83 persen, serapan belanja negara pun saya yakini 92-93 persen, tapi akhirnya 91,2 persen, itu beda tipis. Ini sesuatu yang baik untuk melangkah maju di 2016," ucapnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya