Pemerintah Diminta Bina Maskapai Bermasalah

ilustrasi penerbangan delay
Sumber :
  • Halomoney

VIVA.co.id - Presiden Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Danang Parikesit, meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan agar membina maskapai bermasalah. Alasannya, beberapa maskapai penerbangan di Tanah Air sering kali mengalamai masalah sehingga merugikan para konsumen, mulai dari delay hingga masalah teknis.

Lakukan MOU, AirAsia Sewa 100 Pesawat VX4 eVTOL dari Avolon

"Menurut saya kurang sependapat kalau diberikan sanksi tanpa memberikan pembinaan terlebih dahulu (oleh Kemehub). Dia kan selain regulator dia juga pembina sektor itu," ujar Danang saat ditemui di acara HUT MTI ke-20 di salah satu hotel di Jakarta Selatan, semalam.

Menurut Danang, pembinaan yang bisa dilakukan Kemenhub antara lain dengan cara melakukan audit mulai dari finansial, maintenance atau perawatan, bahkan pengecekan untuk kesiapan pembelian pesawat baru.

Maskapai Demi Maskapai Batalkan Penerbangan ke Ukraina, Situasi Panas

Danang berharap, para maskapai nasional bisa berekspansi ke luar Indonesia. Sebabnya, di sektor penerbangan pertumbuhannya sangat baik.

"Selama lima tahun ini, sektor udara tumbuh paling tinggi, di atas 10 persen pertumbuhannya. Dan itu merupakan sinyal bagus terhadap respon pertumbuhan ekonomi kita. Jadi sebelum bicara mengenai denda penalti, pencabutan izin, saya rasa pemerintah harus melakukan pembinaan," tuturnya.

Maskapai AS Desak Gedung Putih Cabut Aturan Tes COVID-19
Beredar foto maskapai Pelita Air

Beredar Penampakan Pesawat Pelita Air, Siap Mengudara Tahun Ini?

Beredar foto pesawat dengan tipe Airbus A320 bertuliskan Pelita Air di media sosial. Segera mengudara tahun ini?

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022