Harga Daging Naik, DPR Desak KPPU Bertindak

Pedagang ayam potong
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Lucky R

VIVA.co.id - Harga daging ayam terus melonjak. Pada hari ini, Selasa, 26 Januari 2016, di Bandung, Jawa Barat, harga daging ayam mencapai Rp40 ribu per kilogram.

Awas, Jangan Pernah Konsumsi Bagian Ayam Ini
Menyikapi masalah ini, Komisi IV DPR RI meninjau ke berbagai pedagang daging di Bandung. Dari hasil kajian, Komisi IV menduga penyebab terjadinya ketidakstabilan harga ini, karena adanya monopoli tujuh perusahaan besar di Indonesia, yang mengendalikan harga daging ayam. 
 
Kementan Ajak Polri dan KPK Stabilkan Harga Daging Ayam
"Jika hal ini terus berlangsung, sistem perekonomian di negeri ini akan rusak dan para peternak kecil akan bangkrut," ujar Wakil Ketua Komisi IV DPR, Herman Khairun, Selasa, 26 Januari 2016.
 
Antisipasi Flu Burung Muncul Lagi, Ini Langkah Mentan
Meski tidak langsung mengendalikan harga daging ayam, tujuh perusahaan tersebut mampu mengendalikan harga Day Old Chicken (DOC) dan pakan ayam. Sayangnya, Herman tidak merinci tujuh perusahaan yang ia maksud.
 
Herman meminta agar pemerintah segera mengeluarkan kebijakan yang dapat mengendalikan harga. Namun, pengendalian ini tidak boleh merugikan konsumen maupun para peternak. Herman juga merekomendasi temuan ini kepada Ketua KPPU, Syarkawi Rauf, untuk segera ditindaklanjuti.
 
Sebelumnya, Minggu lalu, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke pedagang daging dan peternak ayam. Usai sidak ini, harga daging ayam tetap melambung.
 
Sementara itu, daging sapi berangsur turun menjadi Rp125 ribu per kilogram. Walaupun harga ini masih di atas normal di kisaran Rp110 ribu per kilogram.
 
Laporan: Jhon Hendra
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya