Panasonic dan Toshiba Relokasi Pabrik, DPR: Ini Lampu Kuning

Sumber :
  • wikimedia.org

VIVA.co.id - Komisi VI DPR RI telah menyurati Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong dan Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin tentang relokasi pabrik Toshiba dan Panasonic di Indonesia. Komisi ini meminta agar pemerintah membenahi iklim investasi di dalam negeri.

"Saya sudah surati itu menteri perdagangan dan menteri perindustrian bahwa ini sudah lampu kuning, tapi belum lampu merah," kata Ketua Komisi VI DPR, Achmad Hafisz Tohir, di Komisi VI DPR, Jakarta, Kamis 4 Februari 2016.

Hafisz mengatakan bahwa ada kekhawatiran industri akan merelokasi pabriknya dari Indonesia ke negara lain, seperti Vietnam. Dikatakan bahwa negara tersebut memberikan tawaran yang lebih baik daripada Indonesia.

"Tingkat pajak kita lebih tinggi daripada mereka (Vietnam)," kata dia.

Jaringan Media Al Jazeera akan PHK Karyawan di Seluruh Dunia

Hafisz menegaskan, pemerintah harus memperbaiki iklim investasi di Indonesia. Misalnya, menurunkan suku bunga bank dan biaya logistik.

"Yang bisa menjamin investasi aman bekerja di sini terkait juga dengan kebijakan tarif dan non tarif, biaya logistik, dan keamanan berinvestasi," kata dia.

ilustrasi Pekerja perempuan di pabrik benang

63 Ribu Buruh Pabrik Tekstil Terancam PHK, Ini Kata Apindo

Apindo Jabar tegaskan harus ada itikad baik dari perusahaan.

img_title
VIVA.co.id
30 Juli 2016