Hadapi MEA, Semua Outlet BTN Berbasis Digital

Gedung Bank BTN
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Jika Menguntungkan, BNI Kaji Buka Cabang di Malaysia
- PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menyatakan, seluruh outlet perseroan akan terfasilitasi layanan berbasis perbankan digital. Hal tersebut, dilakukan dalam upaya percepatan proses lepas landas menuju era persaingan bebas di pasar ASEAN.

Setelah Malaysia, Bank Mandiri Rambah Filipina dan Vietnam

Direktur Utama Bank BTN, Maryono mengungkapkan, upaya mengoptimalkan layanan perbankan digital tersebut, merupakan bagian dari transformasi. Sebab, teknologi informasi penting bagi BTN ketika persaingan di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sudah di depan mata.
Mandiri Siapkan 300 Juta Ringgit Bangun Cabang di Malaysia


"Kami tinggal melangkah sedikit, dengan menjadikan teknologi untuk mempercepat layanan kepada nasabah yang berbasis perbankan digital," kata Maryono di Menara BTN, Selasa 9 Februari 2016.


Maryono menyebut, saat ini, BTN sebagai pemegang pangsa pasar terbesar untuk segmen perumahan, untuk kredit pemilikan rumah (KPR) pangsa pasar mencapai mencapai 30,6 persen.


Sementara itu, pangsa pasar KPR subsidi mencapai 98 persen dari total pembiayaan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) pada 2011-2014.


"Sejak 1976 sampai 2015, total KPR yang disalurkan BTN hampir Rp170 triliun yang dimanfaatkan oleh empat juta masyarakat," tuturnya.


Maryono mengungkapkan, layanan perbankan digital ini merupakan periode kedua bagi Bank BTN menjalankan proses transformasi. Menurutnya, layanan berbasis digital yang diusung perseroan seperti mobile banking, internet banking, dan
cash management
.


"Pengembangan digital banking ini dimaksudkan juga untuk meningkatkan kecepatan layanan, serta volume bisnis BTN. Bertepatan dengan HUT BTN, kami meluncurkan pembukaan kantor layanan BTN Digital Lounge, " ujarnya.


Lebih jauh, Maryono menjelaskan, layanan transaksi perbankan secara elektronik ini meliputi pembukaan akun, teller push form, notifikasi transaksi, prepaid card, Laku Pandai, EDC, dan web recruitment.


"Di BTN Digital Lounge tersedia ATM, CDM, e-KTP reader, Pin Pad, all in one PC, internet corner, digital banner interactive, pembukaan tabungan melalui web, permohonan KPR, pembukaan deposito dan giro hingga setor dan tarik tunai," ucapnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya