Indonesia Makin Tertinggal di Era Perdagangan Bebas

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Thomas Trikasih Lembong.
Sumber :
  • viva.co.id/Chandra G. Asmara

VIVA.co.id -  Menteri Perdagangan, Thomas Trikasih Lembong, mengakui bahwa posisi Indonesia saat ini sudah tertinggal jauh dari negara-negara tetangga dalam hal perjanjian perdagangan bebas dalam skema Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) dengan Uni Eropa.

RI Tolak Kebijakan Kemasan Rokok Tanpa Merek di Australia
 
"Indonesia sudah sangat ketinggalan soal FTA (Free Trade Agreement) dibandingkan negara lain," kata Thomas Lembong saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jakarta, Jumat 4 Maret 2016.
Bahas Produksi Lada, Enam Negara Duduk Bareng
 
Menurut dia, Vietnam mampu dijadikan contoh konkret bagi Indonesia karena kesiapannya untuk bergabung dalam pakta perdagangan bebas, mulai dari Trans Pacific Partnership (TPP), sampai dengan CEPA. Dengan ini, akses pasar negara tersebut akan semakin luas.
Strategi Mendag Atasi Calo Daging Sapi
 
"Indonesia sampai saat ini belum. Ekspor Indonesia saja kalah tarif melulu dengan Vietnam, bahkan Malaysia," kata dia.
 
Bukan hanya Vietnam, Thomas mengaku bahwa Indonesia juga sudah tertinggal dari Filipina, yang diyakini segera menyelesaikan proses perundingan CEPA dengan Uni Eropa. Hal ini tentunya akan menjadi pukulan telak bagi Indonesia, yang tidak dapat memanfaatkan momentum perdagangan bebas itu.
 
"Jadi, bagaimana kita bisa kejar waktu, karena mulai mengerikan. Pabrik sudah mulai pindah ke Vietnam. Itu hikmah yang kita ambil," tuturnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya