Pertagas Akan Bangun Pusat Rehabilitasi Satwa di Karawang

Direktur Pertagas Hendra Jaya
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Komitmen PT Pertamina Gas (Pertagas) untuk terus mengembangkan bisnis energi yang bersih dan ramah lingkungan bakal diikuti dengan dukungan penuh program konservasi dan penyelamatan satwa langka dilindungi yang hampir punah.

Sampel DNA Ikan Aneh di Minahasa Dikirim ke Eropa
 
Hal itu dibuktikan anak perusahaan PT Pertamina ini dengan ditanda-tanganinya Perjanjian Kerja sama Konservasi Primata Endemik Jawa Barat oleh Presiden Direktur PT Pertamina Gas, Hendra Jaya dan Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat (BBKSDA Jabar), Sylvana Ratina.
Lumpur Meluber ke Rumah Warga, Ini Penjelasan Pertagas
 
Rencananya, PT Pertagas akan membangun dan mengelola Pusat Rehabilitasi Satwa (PRS) di salah satu lokasi area operasinya di West Java Area yakni Distrik Cilamaya, Karawang.
Lumpur Pipa Pertagas Luber, Kementerian ESDM Kirim Tim
 
"Kami ingin berkontribusi dalam upaya pelestarian Surili dan Primata Endemik Jawa Barat lainnya melalui dukungan terhadap upaya-upaya konservasi in-situ dan ex-situ," ujar Hendra, dilansir dari keterangan tertulis, Jumat 4 Maret 2016.
 
Pilihan Surili (Presbytis comata) bukanlah tanpa alasan. Satwa yang dikenal sebagai primata yang sensitif dan pemalu ini termasuk 25 jenis satwa prioritas untuk upaya konservasi oleh Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian LHK sejak 2015.
 
"Surili juga merupakan satwa khas (endemik) Jawa Barat," ujar Hendra. Dengan alasan itu pula, lokasi PRS pun ditempatkan di area operasi Pertagas yang berada di wilayah Jawa Barat.
 
Masih menurut Hendra, pihaknya segera membangun PRS dan diharapkan bisa rampung pada pertengahan tahun ini juga. "Setelah itu akan langsung difungsikan untuk menampung satwa sebelum nantinya dilepasliarkan," ujarnya.
 
Rencananya, selain Surili, terdapat dua satwa lainnya dari kelompok Primata Endemik Jawa Barat yang bisa tinggal sementara di PRS tersebut yakni Lutung Jawa dan Owa Jawa.
 
Nantinya, PRS tersebut akan menampung dan merehabilitasi satwa Primata dari hasil penyitaan oleh BBKSDA Jawa Barat, atau BKSDA lainnya di Indonesia yang mempunyai sitaan jenis-jenis primata tersebut dan juga dari penyerahan sukarela oleh masyarakat yang memelihara.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya