Menteri PUPR Dorong Campuran Karet pada Berbagai Konstruksi

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono
Sumber :
  • Fikri Halim / VIVA.co.id

VIVA.co.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan penggunaan campuran bahan karet tak hanya untuk jalan raya. Ia berencana akan menggunakan bahan karet untuk konstruksi lain seperti untuk konstruksi pintu air, bendungan, jembatan dan proyek-proyek konstruksi lainnya.

Menanti Pintu Gerbang Dunia di Kulonprogo
 
"Untuk kebutuhan PUPR tidak hanya untuk aspal jalan. Penggunaan (campuran karet) juga bisa untuk konstruksi pintu air, peredam gempa, dan bendungan," kata Basuki usai rapat koordinasi tingkat menteri di kantornya, Senin 7 Maret 2016. 
BPKP Diminta Tak Khawatir Pakai Produk Dalam Negeri
 
Ia menjelaskan bahwa pihaknya masih mengkaji besaran campuran karet yang ideal di mana didorong untuk maksimal campurannya adalah 15 persen. Menurutnya, campuran bahan karet ini akan membuat aspal tersebut akan awet hingga antigempa.
Kementerian PUPR Terseret Kasus Suap Damayanti
 
"Tapi kita masih kaji apakah bisa dinaikkan di atas 10 persen dari total campuran," kata dia. 
 
Basuki menambahkan, dengan adanya penambahan campuran bahan karet untuk aspal ini akan meningkatkan daya serap dan memperluas pemenuhan kebutuhan aspal setiap tahunnya. 
 
"Kita baru menyerap 160 ton karet, ini kalau jadi 15 persen campuran karet diharapkan akan  meningkatkan penyerapan karet mencapai 200-250 ribu ton per tahun," tutur Basuki. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya