Renald Kasali Disejajarkan dengan John Kotter dari Harvard

Rhenald Kasali
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id - Guru Besar Ilmu Manajemen Universitas Indonesia (UI) Rhenald Kasali dinobatkan menjadi salah satu Management Guru di dunia sejajar  dengan manajemen konsultan ternama, John P Kotter. Dia juga merupakan satu-satunya wakil Indonesia pada Top 30 Global Gurus in Management 2016 yang dirilis oleh lembaga riset The Global Gurus pada Maret 2016.

“Pencapaian ini bukan hanya milik saya semata melainkan juga milik bersama karena terbukti bahwa mata dunia telah melihat Indonesia dan Universitas Indonesia khususnya. Kerja sama pendidikan serta peningkatan publikasi ilmiah di tingkat nasional dan internasional menjadi poin penting untuk dapat senantiasa ditingkatkan oleh para akademisi Indonesia," kata Rhenald dikutip dari siaran pers UI di Jakarta, Kamis 17 Maret 2016.

Rhenald mengatakan Indonesia kini diperhadapkan pada masyarakat ekonomi ASEAN. Momentum tersebut harus dapat dimanfaatkan dengan baik oleh generasi muda Indonesia. Jangan anggap persaingan global tersebut sebagai suatu ancaman melainkan sebagai kesempatan untuk meraih cakrawala yang lebih luas, serta sebagai peluang ekonomi efisiensi (sharing economy) dan kolaborasi optimal untuk menciptakan produk, maupun pelayanan menjadi lebih baik.
 
Rhenald Kasali meraih gelar profesornya dari UI pada tahun 2009. Peraih gelar PhD dari University of Illinois ini telah banyak dipercaya memimpin transformasi, di antaranya menjadi pansel Komisi Pemberantasan Korupsi sebanyak empat kali dan menjadi praktisi manajemen.

Geger Brosur LGBT, Anggota Riset Studi Seksual UI Trauma

Rhenald mendirikan Rumah Perubahan, sebuah training center yang telah menjadi role model dari social business di kalangan para akademisi

dan penggiat sosial yang didasari entrepreneurship dan kemandirian. Sejumlah buku karya Prof. Rhenald diantaranya Sembilan Fenomena Bisnis (1997), Change! (2005), Recode Your Change DNA (2007), Cracking Zone (2011) dan Self Driving: Menjadi Driver atau Passenger (2014).
 
Penetapan Top 30 Global Gurus didasarkan atas tujuh parameter yaitu opini publik (30 persen), Orisinalitas ide (30 persen), dampak yang dirasakan masyarakat atas ide-ide yang dimiliki (sepuluh persen), kegunaan ide (10 persen), jumlah publikasi dan karya ilmiah (lima persen) dan presentation style dan Guru Factor  (15 persen).

Pemilihan para calon nominasi diawali dengan pengumpulan daftar nama dengan cara survei terhadap 22.000 eksekutif, konsultan, akademisi di seluruh dunia kemudian dilakukan poling publik dan disaring kembali menjadi 60 nominator.

Pakar manajemen ternama lainnya yang masuk dalam 30 Global Gurus bidang Manajemen seperti John P. Kotter (Harvard Business School, USA); Clayton Christensen (Harvard Business School, USA); Philip Kotler (Kellogg School of Management, Northwestern University, USA) dan Roger Martin (the Rotman School of Management, Canada).

Hilang Misterius, UI Yakin Nadil Masih di Depok

UI Jadi Perguruan Tinggi Terbaik di RI Versi Webometrics

Peringkat kedua jatuh pada ITB dan diikuti oleh UGM.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2016