Soal UKM, Indonesia Perlu Belajar dari Korea

Korea Selatan.
Sumber :
  • Businessinsider

VIVA.co.id - Staf Khusus Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Hermawan Kartajaya, menyatakan apresiasinya pada keberhasilan Korea Selatan (Korsel) yang mampu mengembangkan UKM dengan teknologi tinggi dan penuh kreatifitas. Keberhasilan Negeri Ginseng ini dinilai perlu ditiru oleh UKM Indonesia.

"Korea Selatan sebagai salah satu negara yang sedang dalam 'perang dingin' melawan Korea Utara, tapi mampu menunjukkan kepada dunia sebagai negara yang tidak hanya maju dari bidang teknologi tapi juga dalam hal pengembangan UKM," kata Hermawan pada keterangan tertulisnya dalam acara penandatangan nota kesepahaman (MoU) kerjasama UKM dan Pendidikan ICSB Indonesia-ICSB Korea, di Seoul, Rabu, 6 April 2016.

Dalam penandatanganan MoU itu, Hermawan hadir sebagai President of International Council for Small Business (ICSB) Indonesia, didampingi YW Junardhy dan Hendra Warsita, masing-masing sebagai Vice President dan Secretary General ICSB Indonesia.

Adapun dari ICSB Korea diwakili Prof Kim Ki-chan selaku President dan Hyuk Jun Song, Vice President. Penandatanganan MoU ini berlangsung di Hotel Lotte World, Jamsil, Seoul.

Hermawan berharap dengan MoU ini, kedua lembaga akan semakin meningkatkan kerja sama, khususnya dalam bidang pengembangan UKM. "Satu lagi yang bisa dipelajari dari Korea adalah semangat Pali-pali yang segalanya dilakukan dengan cepat," kata Hermawan.

Dalam kesempatan sebelumnya, Prof Kim Ki-chan mengatakan untuk menjadi seorang entrepreneur harus berani bermimpi, karena tanpa itu tidak akan memacu semangat kreativitas dan berinovasi. Inovasi, menurut dia menjadi sebuah keharusan yang tak bisa dihindarkan jika entrepreneur mau sukses. "Tanpa mimpi enggak akan ada inovasi," kata Prof Kim.

Indonesia bersama Korea tergabung dalam ICSB, sebuah organisasi global, yang sudah 61 tahun berdiri, dengan mempunyai chapter di 80 negara. Dengan kerja sama saling menguntungkan ini diharapkan dapat menumbuhkan UKM Indonesia menjadi lebih produktif, kreatif dan entrepreneurial.

Selanjutnya, Jakarta akan menjadi tuan rumah The Fourth Asian SME Conference yang akan dihelat di Host ICSB Indonesia, 13-17 September 2016. Dalam kesempatan itu Prof Kim berjanji akan memboyong juara dunia koki roti ke Indonesia untuk berbagi ilmu tentang cara membuat roti kelas dunia ke pelaku UKM Indonesia. (one)

Manfaat Produksi Film Antarnegara
Acara Korea-Indonesia Cinema Global Networking

Empat Pedoman Penting untuk Layar Lebar Indonesia

"Pertama memperhatikan komposisi pemeringkatan kelas bioskop."

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016