Penyebab Sepele Aplikasi KTA Anda Ditolak

Aplikasi kredit pinjaman
Sumber :
  • Halomoney

VIVA.co.id – Salah satu alternatif paling cepat untuk memenuhi kebutuhan belanja yang tinggi adalah menggunakan pinjaman. Untuk pinjaman bank, ada beberapa jenis pinjaman yang disediakan. Misalnya, kredit pembiayaan rumah, kredit multiguna, dan kredit tanpa agunan (KTA).

Ciri-ciri Anda Termasuk Istri yang Cerdas Atur Keuangan Keluarga

Untuk keperluan yang sifatnya kecil menengah, KTA merupakan pilihan yang tepat dibandingkan fasilitas pinjaman lainnya. KTA tidak mensyaratkan calon peminjam untuk menjaminkan aset sebagai syarat mendapatkan pinjaman.

Kelebihan lain dari fasilitas KTA adalah lama waktu yang dibutuhkan hingga dana cair cenderung cepat. Proses untuk pengajuan KTA bisa selesai dalam waktu tiga hari hingga dua minggu, sehingga KTA cocok bagi orang yang sedang membutuhkan dana segar dalam waktu singkat.

Ingin Daftar Asuransi Syariah, Pahami Dulu 5 Hal ini

Meski terdengar mudah dan menguntungkan, kenyataannya pengajuan KTA tidak pasti selalu mulus juga. Jika kamu tidak cermat, pengajuan KTA kamu akan berakhir sia-sia karena ditolak. Untuk mempersiapkannya, sebaiknya kamu coba membaca dulu enam alasan kemungkinan aplikasi bisa ditolak berikut:

1. Kontak yang kamu berikan tidak bisa dihubungi

Bocoran Itung-itungan KPR yang Belum Banyak Orang Tahu

Ketika kamu menulis kontak yang bisa dihubungi, pastikan kamu menuliskan nomor telepon yang benar dan aktif. Pastikan juga kamu mengisi nomor telepon yang benar untuk ponsel, nomer rumah, atau nomor telepon kantor. Nomor yang kamu berikan sebaiknya adalah nomor yang selalu aktif agar bank mudah menghubungi untuk verifikasi data.

2. Ada data yang salah atau palsu

Ini merupakan hal fatal yang bisa menjadi penyebab utama aplikasi KTA kamu ditolak. Kamu dilarang keras memalsukan seluruh data, informasi, dan lampiran dokumen yang kamu ajukan dalam aplikasi KTA. Pastikan bahwa seluruh data yang diberikan kepada bank adalah benar dan apa adanya.

3. Tulisan atau foto yang tidak jelas terbaca pada dokumen

Biasanya saat mengajukan KTA, kamu akan diminta untuk melampirkan dokumen tertentu, seperti kartu tanda penduduk, atau slip gaji. Jika kamu menggunakan fotokopi, atau mengirim foto dari dokumen tersebut, pastikan agar tulisan di dokumen tersebut dapat terbaca dengan jelas semuanya.

Baca juga: Utang Baik VS Utang Buruk - Manakah yang Kamu Punya?

4. Pernah memiliki reputasi kredit yang buruk

Salah satu pertimbangan utama bank sebelum meluluskan aplikasi KTA adalah sejarah kredit kamu melalui proses yang disebut BI Checking. BI Checking berisi sejarah dan riwayat kredit, baik kepada lembaga bank maupun non-bank.

Supaya memiliki rekam jejak kredit yang baik, pastikan agar selalu disiplin dan melunasi tagihan kredit tepat waktu. Kamu bisa melakukan BI Checking sendiri dengan manual mengunjungi situs Bank Indonesia.

5. Kamu sedang menunggak utang kartu kredit

Kalau kamu memiliki kartu kredit dan sedang memiliki tunggakan, pastikan agar kamu melunasinya. Tunggakan kartu kredit memberikan reputasi yang kurang baik di mata bank karena mereka akan khawatir jika kamu sering menunggak cicilan pembayaran KTA.

Baca Juga: Enam Cara Jitu Dapat Tiket Pesawat Kelas Bisnis Tanpa Nunggak!

6. Tujuan penggunaan dana KTA tidak sesuai ketentuan

Tergantung dari bank dan jenis KTA, bisa saja aplikasi tidak disetujui karena tujuan penggunaan dana dari KTA, termasuk dalam penggunaan yang dilarang. Sebagai contoh, bila ingin menggunakan dana dari KTA untuk membuka usaha sendiri, bisa saja usaha tersebut tidak sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh bank. Kamu bisa berkonsultasi dengan pihak marketing bank untuk memastikan tujuan penggunaan dana yang diperbolehkan oleh bank.

Baca juga: Tujuh Kegiatan Bisnis yang Dilarang dalam Pembiayaan Syariah

Jangan lupa untuk pelajari berbagai alasan mengapa aplikasi KTA bisa ditolak, jadi kamu bisa mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengajukan aplikasinya. Pastikan juga dana yang dipinjam sesuai dengan kebutuhan dan termasuk ke dalam utang produktif.

Agar mendapatkan produk KTA yang sesuai dengan kebutuhan, manfaatkan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id untuk memudahkan kamu melakukannya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya