Paket Ekonomi Jilid XII Bakal Lebih Mendasar?

Konferensi pers Presiden Jokowi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo memastikan akan segera merilis paket kebijakan ekonomi jilid XII dalam waktu dekat. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, saat mengikuti lawatan Presiden ke Eropa beberapa waktu yang lalu.

Menteri PAN-RB Minta Kepala Daerah Setop Memperbanyak Aplikasi karena Mempersulit Masyarakat

Deputi Bidang Perniagaan dan Industri Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Eddy Putra Irawady mengungkapkan, kemudahan izin berusaha di berbagai sektor akan kembali menjadi sasaran pemerintah dalam paket kebijakan tersebut. Namun kali ini, reformasi struktual yang dilakukan akan lebih mendasar.

“Sekarang kami masuk ke yang lebih mendasar. Kalau (paket) yang kemarin itu hanya peraturan yang menghambat dan menjadi beban,” ujar Eddy saat ditemui di kantornya, Jakarta, Senin 25 April 2016.

Junjung Tinggi Reformasi Birokrasi, Sekretariat Jenderal DPR RI Lantik Dua Pejabat Tinggi Madya

Eddy menjabarkan, reformasi struktural yang mendasar itu akan mencakup aturan-aturan dasar yang berada di tiap kementerian atau lembaga terkait seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perdagangan, Kementerian Dalam Negeri, sampai dengan Pemerintah Daerah.

“Misalnya perizinan HO (surat izin gangguan), amdal, atau izin lokasi. Artinya kita mempermudah kegiatan usaha. Misalnya izin yang ada dua, dijadikan satu. Atau kalau sebenarnya memang tidak butuh izin, maka izin dihilangkan,” kata dia.

Mantan PM Inggris Tony Blair Akan Bantu Reformasi Digital di Indonesia, Kata Menteri PAN-RB

Dalam paket ini, lanjut dia, akan ada sepuluh poin utama yang disasar. Meski enggan membeberkan terlalu jauh, Eddy memastikan bahwa paket stimulus tersebut akan segera diumumkan pemerintah dalam waktu dekat.

“Janjinya itu sepulang dari Eropa. Berarti minggu ini. Kalau dari kami, bahan sudah siap dan matang. Tinggal diumumkan saja,” ucap dia.

Ilustrasi proses 'legal standing'.

Perusahaan Ini Punya Cara Dorong Reformasi Birokrasi yang Revolusioner

Perizindo merupakan perusahaan yang fokus pada layanan 'legal standing' digital untuk UMKM, sehingga terus mendorong reformasi birokrasi yang revolusioner.

img_title
VIVA.co.id
29 Februari 2024