Berlian Senilai Rp924 Miliar Akan Dilelang

Berlian terbesar di dunia
Sumber :
  • CNNMoney

VIVA.co.id – Berlian terbesar kedua di dunia, akan dilelang dengan harga yang telah ditetapkan senilai US$70 juta, atau setara dengan Rp924 miliar (kurs Rp13.200). 

Hope Diamond, Berlian Super Mahal yang Penuh Kutukan

Dilansir dari laman CNNMoney, Rabu 11 Mei 2016, Lesedi la Rona adalah nama berlian dengan berat 1.109-karat ini, yang memiliki ukuran sebesar bola tenis. Rencananya, berlian raksasa itu akan dilelang oleh rumah lelang Sotheby di London bulan depan.

Berlian itu ditemukan di Botswana di Afrika Selatan pada bulan November. Butuh beberapa bulan untuk menentukan perkiraan harga, karena berlian tersebut begitu besar, sehingga tidak cocok dengan scanner konvensional yang digunakan untuk mengevaluasi potensi senilai batu.

KLHK Janji Percepat Proses Perizinan Sektor Migas

Sotheby mengatakan, berlian tersebut adalah yang terbesar di dunia, dengan perkiraan usia antara 2,5 miliar dan tiga miliar tahun.

"Tidak hanya superlatif kasar dalam ukuran dan kualitas, tetapi tidak ada yang kasar, bahkan jauh dari skala ini pernah ditawarkan sebelumnya saat lelang," kata David Bennett, ketua Divisi Perhiasan Sotheby.

Harga Batu Bara Rendah, Perusahaan Tambang Perketat Anggaran

Lucara (LUCRF), perusahaan Kanada yang memiliki berlian, menyebutnya berlian terbesar yang ditemukan di lebih dari 100 tahun. 

Calon pembeli akan dapat melihat berlian itu sebelum lelang. Berlian akan dipamerkan di di New York pada 7 Mei, dan di London dari 18 Juni sampai 28 Juni.

Sementara itu, berlian terbesar memiliki berat 3.106 karat diberi nama "Cullinan Diamond" ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya