Lion Air Tak Terima Sanksi dari Kemenhub

Pesawat Lion Air.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Direktur Umum Lion Air, Edward Sirait memastikan tidak ada gangguan dalam pelayanan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, setelah pemberlakuan sanksi pembekuan layanan jasa penumpang dan bagasi, atau ground handling. Sebab, pihaknya masih bisa menggunakan ground handling milik PT Lion Mentari Airlines.

Maskapai Penerbangan Islam Ini Dilarang Beroperasi

"Yang disanksi itu perusahaan ground handling 'Lion Group', kan kita bisa memakai self handling sendiri milik Lion Air, dan itu diperbolehkan di dunia penerbangan," kata Edward dalam jumpa pers di Lion Air Tower, Jakarta, Kamis 19 Mei 2016.

Menurut Edward, pemberian sanksi pembekuan ground handling oleh Kementerian Perhubungan mengancam kehidupan pegawai yang bekerja di supplier. Apalagi pemberian sanksi kepada institusi dinilai tidak tepat hanya karena kesalahan perorangan.

Pesawat Besar Tak Bisa Mendarat, Bandara Ini Batal Dibuka

"Tindakan segelintir pilot dan kesalahan sopir dijadikan dasar untuk memberi sanksi, kami merasa diperlakukan tidak adil," kata dia. 

Untuk itu, saat ini pihak Lion Air telah mengajukan keberatan kepada Kemenhub terhadap sanksi yang diberikan. "Kami meminta untuk dilakukan investasi terlebih dulu, sebelum dikenakan hukuman," ujar Edward.

Contact Center 172 Layanan Keluhan Pengguna Bandara AP I

Seperti diketahui, Kemenhub menyatakan telah menjatuhkan sanksi berupa pembekuan layanan jasa penumpang dan bagasi, atau ground handling untuk maskapai penerbangan Lion Air dan PT Indonesia AirAsia. Sanksi diberikan, karena kelalaian kedua maskapai dalam melakukan proses ground handling dalam membawa penumpang dari pesawat ke terminal kedatangan yang salah. 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Suprasetyo mengatakan, pembekuan tersebut menindaklanjuti kejadian kesalahan penanganan penumpang internasional yang dilakukan Lion Air dalam penerbangan rute Singapura ke Jakarta dan PT Indonesia Air Asia dengan rute Singapura ke Denpasar. Penumpang yang seharusnya diturunkan di terminal internasional, justru diturunkan di terminal domestik sehingga tidak terdeteksi oleh imigrasi. (asp)

Miniatur pesawat maskapai Garuda Indonesia

Dorong Wisata, Garuda Buka Lagi Rute Medan-Singapura

Penerbangan akan dilakukan setiap hari.

img_title
VIVA.co.id
14 Juni 2016