Angkasa Pura Libatkan Polri dan TNI Antisipasi Mudik Lebaran

Angkasa Pura Airport.
Sumber :
  • Antara/ Eric Ireng

VIVA.co.id – Jelang Lebaran pasti tak luput dari tradisi unik yang dikenal dengan mudik. Karena itu, PT Angkasa Pura I telah mempersiapkan diri untuk mengantisipasi kepadatan arus saat mudik Lebaran 2016.

Musim Mudik di Sumut, Kecelakaan Naik Korban Berkurang

Antisipasi yang dipersiapkan PT Angkasa Pura I, terdiri dari beberapa upaya, yaitu pembentukan pos koordinasi (posko), peningkatan layanan, keamanan, dan keselamatan penerbangan. Angkasa Pura juga menambah tenaga pengamanan bandara dari TNI, atau Polri, serta aparat setempat untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat mudik lebaran.

"Estimasi puncak kepadatan penumpang arus mudik angkutan Lebaran 2016, adalah H-5 sampai H-3, sementara arus balik adalah H+3 hingga H+4," kata Corporate Secretary Angkasa Pura I, Farid Indra Nugraha, Senin 13 Juni 2016.

Fadli Zon Usul Bus Dinas Boleh Angkut Pemudik

Mudik Lebaran 2016 nanti, diperkirakan ada 3,7 juta penumpang, atau naik 4,09 persen dibandingkan tahun lalu.

Farid mengatakan, ada pun dua kategori posko, yaitu tingkat pusat (posko monitoring) yang akan berkoordinasi langsung oleh pihak-pihak eksternal, seperti otoritas bandara, TNI, Polri, pihak groundhandling, dan maskapai. Sedangkan di tingkat cabang, atau posko terpadu pada bandara, yang dilengkapi dengan jaringan CCTV terhubung langsung ke Kementerian Perhubungan.

H+6 Lebaran, Lonjakan Arus Mudik Tak Ada Lagi

Antisipasi tersebut, akan mulai terselenggara menjelang H-12 lebaran (24 Juni 2016) hingga H+10 lebaran (17 Juli 2016).

Dalam memberi pelayanan terbaik, PT Angkasa Pura telah meningkatkan nilai tambah dengan memberikan lebih dari tujuh ribu takjil setiap harinya kepada penumpang di bandara, peningkatan layanan, pengaturan penerbangan tambahan, dan pengoperasian contact center bandara 172 yang beroperasi 24 jam. (asp)

Mudik 2016.

Daftar Lengkap Kendaraan yang Terlibat Kecelakaan Mudik

Kita berharap kecelakaan terus menurun dari setiap tahun ke tahun.

img_title
VIVA.co.id
20 Juli 2016