Bank Dunia Puji Reformasi Kebijakan Ekonomi RI

Indonesia Economic Quarterly (IEQ)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Raudhatul Zannah

VIVA.co.id – Bank Dunia memuji reformasi kebijakan ekonomi dan investasi infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo. Lembaga keuangan internasional itu menyatakan, kedua faktor tersebut telah membuat ekonomi Indonesia tangguh dan memperkuat iklim investasi. 

Situasi Mencekam, Bank Dunia dan IMF Pindahkan Staf dari Ukraina

"Peningkatan investasi pemerintah di bidang infrastruktur dan reformasi kebijakan, guna memperkuat iklim investasi itu telah menopang Indonesia dalam mempertahankan pertumbuhannya kisaran 5,1 persen," kata Kepala Perwakilan Bank Dunia di Indonesia, Rodrigo Chaves di Auditorium Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Senin 20 Juni 2016.

Berdasarkan laporan Indonesia Economic Quarterly (IEQ) edisi Juni 2016, konsumsi masyarakat dan belanja pemerintah diproyeksikan akan menopang pertumbuhan Indonesia pada 2016. Reformasi kebijakan ekonomi juga dapat membantu mengatasi dampak melambatnya permintaan dan gejolak pasar keuangan dunia.

Kemenkeu: Pertumbuhan Ekonomi 2021 yang Dirilis BPS Sesuai Prediksi

Seperti diketahui, sejak September 2015 lalu, pemerintah sudah melakukan berbagai reformasi kebijakan ekonomi dengan meluncurkan sejumlah paket kebijakan ekonomi dan deregulasi, terutama di sektor perdagangan dan investasi. 

Namun, menurut Rodrigo, kebijakan reformasi tersebut belum dapat dipastikan sudah dilaksanakan dengan baik, karena masih banyak sektor tetap tertutup untuk investor asing. Sehingga, Indonesia perlu meningkatkan investasi swasta.

BPS: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di 2021 Capai 3,69 Persen

Bank Dunia juga menilai, meski proyeksi penerimaan rendah dan defisit fiskal tinggi sebesar 2,8 persen dari produk domestik bruto, sekitar 90 persen target investasi yang tercantum di anggaran pendapatan dan belanja negara 2016 tetap akan terpenuhi.

Rodrigo menjelaskan, pertumbuhan belanja sektor swasta dalam hal ini tetap tangguh di lima persen setiap tahunnya. (asp)

Gedung Bank Dunia.

Bank Dunia dan IMF Berlomba Suntik Dana Miliaran Dolar ke Ukraina

Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) menyatakan, mereka berlomba untuk memberikan miliaran dolar dana tambahan ke Ukraina.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2022