Pemudik Feri Merak-Bakauheni Meningkat 15,1 Persen

Danang S. Baskoro.
Sumber :
  • Rochimawati / VIVA.co.id

VIVA.co.id – PT Angkutan Sungai dan Pelabuhan Indonesia Ferry (Persero) berhasil menyeberangkan hampir satu juta orang pemudik dalam angkutan Lebaran 2016 dari Pulau Jawa ke Sumatera.

ASDP Catat 98,2 Persen Penumpang Ferry Sudah Punya Tiket saat Sampai Pelabuhan

Untuk kali pertama, perseroan juga sukses menggelar layanan penjualan mobile e-ticketing di rest area KM 43 dan KM 68 Tol Tangerang-Merak yang berhasil menjaring 10.904 unit kendaraan roda empat (pribadi) mulai H-12 hingga H-1 Lebaran.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Danang S Baskoro mengatakan, penyelenggaraan arus mudik Lebaran jauh lebih baik tahun ini.

Arus Balik Lebaran, Baru 27 Persen Kendaraan Pribadi Kembali dari Sumatera ke Jawa

Sebab, pola arus balik penyeberangan diharapkan jauh lebih sukses dibandingkan pelayanan dari arus mudik, di mana setiap lintasan utama yang dipantau telah melebihi target kenaikan trafik penumpang sebesar lima persen.

"Ini prestasi luar biasa, karena dari sekitar 80 ribu kendaraan pribadi yang menyeberang Merak-Bakauheni, penjualan mobile e-ticketing telah berkontribusi sekitar 13,63 persen selama arus mudik," kata Danang, dalam keterangan persnya, Kamis, 7 Juli 2016.

Puncak Arus Balik Lebaran Lintasan Bakauheni-Merak Diprediksi Malam Ini

Selain itu, layanan arus balik penyeberangan diprediksi akan dimulai dan mengalami peningkatan trafik mulai akhir pekan ini, terhitung dari Sabtu, 9 Juli 2016 atau H+4 hingga akhir pekan mendatang.

Adapun tujuh lintasan penyeberangan yang ramai saat arus mudik maupun balik, yakni Merak-Bakaheuni, Ketapang-Gilimanuk, Padangbai-Lembar, Bajoe-Kolaka, Tanjung Api-Api-Bangka (Tanjung Kelian), Kayangan-Pototano, dan Kariangau-Penajam.

"Dari ke tujuh lintasan utama terpantau di atas, Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, Lembar-Padang Bai, maupun Tanjung Api-api - Bangka, telah mencatat jumlah pemudik yang meningkat di atas lima persen dibandingkan tahun lalu. Kami juga bersyukur, karena selama pelayanan arus mudik feri dari H-12 hingga hari H Lebaran, tidak ada kecelakaan (zero accident) yang terjadi," katanya.

Data Posko Terpadu Mudik 2016, total trafik penumpang feri yang menyeberang dari Merak menuju Bakauheni pada H-12 hingga H mencapai 895.888 orang atau naik 15,1 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 778.334 orang. Lalu jumlah total kendaraan mencapai 192.303 unit atau naik 14,2 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 168.352 unit.

Sebaliknya, total trafik penumpang dari Bakauheni menuju Merak pada H-12 hingga hari-H mencapai 397.021 orang atau naik 5,4 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 376.603 orang. Diikuti jumlah total kendaraan sebanyak 71.287 unit atau naik 1,5 persen dibandingkan periode sama tahun lalu 70.249 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya