Kelebihan Stok, Ini yang Akan Dilakukan PT Semen Indonesia

Logo Semen Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Saat ini, industri semen nasional tengah mengalami kelebihan pasokan. Hal itu tentu menjadi pekerjaan rumah bagi perusahaan produsen semen, termasuk PT Semen Indonesia Tbk (SMGR).

Produksi Semen RI Banyak Dikuasai Asing

Direktur Utama Semen Indonesia, Rizkan Chandra, mengaku memiliki tiga strategi jitu untuk menghadapi over supply tersebut. Pertama, bukan hanya mendorong ekspor ke negara lain, tapi juga mendirikan pabrik di wilayah regional Asia Tenggara.

"Kami akan pilih juga negara yang membutuhkan semen. Jadi, kondisinya seperti Indonesia sebelum ini. Dan keberadaan kita bukan hanya ekspor, tapi juga footprint. Bukan hanya fokus di regional, tapi expand market di regional," ujar Rizkan Chandra di Gedung BEI, Jakarta, Senin, 1 Agustus 2016.

Ucap Duka untuk Patmi, Ganjar Minta Aksi Tak Menyakiti Diri

Kedua, lanjutnya, Semen Indonesia akan fokus pada pengembangan sektor hilir. Hal itu diyakini bisa menyeimbangkan tingginya pasokan dengan kenaikan pendapatan.

"Ketiga, strateginya bagaimana kita melakukan cost transformation. Agar kita menjaga margin EBITDA dan profit," ujar Rizkan.

Semen Rembang Memanas, Ada Aksi Blokade hingga Bakar Tenda

Selain itu, kata Rizkan, pihaknya juga akan meningkatkan branding Semen Indonesia di luar Pulau Jawa. Sebab, harga produk Semen Indonesia masih cukup tinggi di wilayah tersebut.

"Semen Indonesia di luar Jawa punya premium pricing. Kami akan branding grup ini. Sehingga, kalau ada penurunan harga, bisa stagnan atau lebih kecil dibandingkan industri," jelasnya. (ase)

Buruh kasar di Indonesia sedang mengangkut semen di sebuah pelabuhan.

Perlu Perampingan Logistik untuk Tekan Harga Semen di Papua

Harga semen bisa mencapai Rp800 ribu hingga Rp2,5 juta di Papua.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2017