Bos Sido Muncul: Pintar Bukan Jaminan Bisa Sukses

Presiden Direktur PT Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat.
Sumber :
  • Romys B/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Menjadi sukses adalah impian semua orang. Namun, untuk bisa mencapai di puncak kesuksesan, bukanlah perkara gampang, tetapi ada berbagai hal yang harus dilalui dalam sebuah prosesnya.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Selain harus bekerja cerdas, berdoa, dan pantang menyerah, terdapat hal yang sangat penting, tetapi jarang disadari harus dilakukan.

Presiden Direktur PT Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat berbagi tips jitu hal apa yang kadang terlupakan dalam membangun kesuksesan. Menurutnya, membangun network, atau jaringan adalah hal yang sangat penting. 
Tak Selesai Kuliah, Ahmed Haider Ciptakan Aplikasi Drone

Memiliki jaringan yang luas, bisa berperan sebagai jembatan meraih posisi, atau kedudukan yang lebih tinggi.
Kiat Jadi Pengusaha Sukses ala Zaskia Adya Mecca

"Anak muda sekarang, yang harus dilakukan adalah membangun jaringan. Jika network kamu orang-orang yang hebat-hebat, kamu jadi hebat," kata dia kepada VIVA.co.id di Jakarta, Selasa 2 Agustus 2016.

Saat ini, kata Irwan, pintar secara akademis, atau mempunyai intelligence quotient (IQ) tinggi tidak menjamin seorang menjadi sukses. Namun, jika kita pintar membangun network dan memanfaatkannya secara benar, kita dapat meraih apa yang kita inginkan.

"Orang bisa sukses sekarang, karena pintar itu bukan, tetapi membangun network. Makanya, manfaatkan network-nya. Tempat di mana jaringan itu penting," tuturnya.

Irwan membuat menganalogikan, meteor itu seperti tempat kita bertumbuh. Jika kita terbiasa berelasi dengan orang-orang hebat, kita termotivasi untuk menjadi hebat. 

Sebaliknya, jika kita berelasi dengan orang yang seperti tidak mempunyai arah tujuan, kita tidak akan terpikirkan, bagaimana kita dapat bermanfaat untuk orang lain.

"Network itu seperti tempat tumbuh. Seperti pohon beringin, kan jadi bonsay. Kalau di pinggir sungai, pohon kecil tumbuhnya pohon yang kumuh," ujarnya.

Pemuda sekarang, harus mencari network yang luas dan menjanjikan untuk kualitas hidup. Membangun, kemudian memanfaatkannya sebagai peluang mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi. Tetapi, di samping itu, tak lupa selalu berdoa dan terus berusaha.

"Kalau network-nya benar, IQ enggak tinggi-tinggi banget enggak apa-apa, pendidikan oke zaman sekarang minimal S1. Itu semua punya, kamu bisa hidup baik. Berdoa, wilayahnya cuma berusaha," tuturnya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya