Jelang Puasa

Harga Bawang Putih Naik 3 Kali Lipat

VIVAnews - Menjelang bulan Puasa, harga bahan pokok mulai merangkak naik di pasar tradisional.

Tegas Prabowo Subianto: Kalau Tidak Mau Diajak Kerja Sama, Jangan Ganggu

Berdasarkan pantauan VIVAnews di Pasar Minggu dan Pasar Benhil Jakarta Selatan, harga bahan pokok seperti telur, gula, dan minyak goreng mulai melejit.

Yang paling fantastis, harga bawang putih melejit hingga tiga kali lipat. Harga bawang putih saat ini mencapai Rp 15 ribu/kg dari harga semula yang hanya Rp 5 ribu/kg.

Nani (40 tahun), salah satu pedagang sayur mayur di Pasar Benhil mengatakan sejak awal pekan ini harga bahan pokok telah mulai naik. "Ini sudah biasa menjelang Puasa, naiknya gila-gilaan," katanya.

Sayuran lain, seperti buncis mengalami kenaikan Rp 3 ribu/kg menjadi Rp 6 ribu/kg dari sebelumnya Rp 3 ribu/kg. Bawang merah juga mengalami kenaikan hingga dua kali lipat menjadi Rp 12 ribu/kg dari sebelumnya Rp 6 ribu/kg.

Harga telur sedikit naik menjadi Rp 16 ribu/kg dari biasanya Rp 15 ribu/kg. Sedangkan harga minyak goreng curah naik Rp 2 ribu/kg menjadi Rp 9 ribu dari sebelumnya Rp 7 ribu/kg. Sementara itu, harga minyak goreng kemasan stabil di kisaran Rp 11-12 ribu/kg.

Berdasarkan pantauan Departemen Perdagangan, harga rata-rata nasional minyak goreng curah tanggal 11 Agustus 2009 sebesar Rp 9.031/kg. Harga tertinggi terjadi di Manokwari yang mencapai Rp 14.300/kg dan terendah terjadi di Palembang dan Bandar Lampung sebesar Rp 7.500/kg.

Menariknya, anomali harga terjadi pada gula. Harga gula yang seharusnya sudah mulai turun pada Juni, karena memasuki musim giling, ternyata masih mencatat harga yang tinggi. Harga gula di Pasar Minggu Jakarta Selatan mencapai Rp 8.500/kg dari pekan sebelumnya yang sebesar Rp 8 ribu/kg. Sedangkan gula bermerek Gulaku dijual seharga Rp 9.500/kg, naik Rp 500/kg.

Harga rata-rata nasional gula mencapai Rp 8.694/kg pada 11 Agustus 2009. Harga rata-rata Agustus 2009, bila dibandingkan dengan harga rata-rata Juli mengalami kenaikan Rp 210/kg.

Harga tertinggi gula terjadi di Manokwari sebesar Rp 11 ribu/kg dan terendah terjadi di Surabaya, Denpasar, Tanjungpinang, dan Makassar sebesar Rp 8 ribu/kg.

Sementara itu, harga beras berdasarkan pantauan di Pasar Induk Beras Cipinang stabil sebesar Rp 5.320/kg untuk jenis IR III. Berdasarkan pantauan Depdag, harga yang stabil juga tercatat di pasar Senen (Rp 6.500/kg), pasar Koja Baru (Rp 5.200/kg), pasar Minggu (Rp 4.700/kg), pasar Rawamangun (Rp 5 ribu/kg), dan pasar Grogol (Rp 5.200/kg).


antique.putra@vivanews.com

Erick Thohir: Timnas Indonesia Punya Generasi Emas
Umi Pipik dan Irish Bella

Terungkap! Kriteria Mantu Idaman Umi Pipik, Apakah Irish Bella Termasuk?

Belakangan Abidzar dan Irish Bella gencar dijodoh-jodohkan oleh netizen. Seperti apa kriteria mantu idaman menurut umi Pipik?

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024